Jaringan Ikat Sesungguhnya (Jenis- jenis Sel) Jaringan Ikat Longgar dan Padat

Jaringan Ikat Sesungguhnya (Jenis- jenis Sel) Jaringan Ikat Longgar & Padat - Ada tiga jaringan ikat meliputi jaringan ikat sesungguhnya, jaringan ikat cair dan jaringan ikat penyokong. Jaringan ini tersusun atas tiga komponen utama., yaitu serabut- serabut ekstraseluler, substansi dasar dan jenis - jenis sel tertentu.

Serabut yang menyusun jaringan ikat ini antara lain serabut kolagen, serabut retikuler dan serabut elastik. Serabut kolagen banyak ditemukan pada tendon ligamen. Serabut retikuler dapat ditemukan dalam beberapa organ, misalnya pembuluh darah dan jaringan saraf.

Serabut elastik jarang ditemukan tetapi mempunyai peranan sangat penting, misalnya ditemukan pada sambungan antar ruas - ruas tulang belakang.

Jenis - jenis sel yang terdapat jaringan ikat antara lain adalah fibrolas, makrofag, sel- sel adiposa atau sel lemak, sel- sel mesenkim, melanosit atau sel pigmen pada kulit, sel - sel mast, basofil, limfosit, sel - sel plasma dan makrofag yang terdiri atas neutrofl dan eosinofil, seperti yang tampak pada gambar.

Jaringan Ikat Sesungguhnya (Jenis- jenis Sel) Jaringan Ikat Longgar & Padat

Substansi dasar pada jaringan ikat ini berfungsi untuk mengisi celah - celah antarsel dan antar serabut - serabut jaringan ikat. Substansi dasar atau matriks jaringan ikat sesungguhnya tampak bening, kental dan kurang berwarna. Mengandung proteoglikan dan glikoprotein, Jaringan ikat sesungguhnya dibagi menjadi dua, yaitu jaringan ikat longgar dan jaringan ikat padat.
  • Jaringan ikat longgar
Jaringan ikat longgar berfungsi sebagai pengisi celah - celah antar organ, sebagai bantalan dan memberikan kekuatan sel- sel tertentu organ, serta menyokong jaringan epitel.

Jaringan ini juga membungkus serta mendukung pembuluh darah dan serabut saraf, menyimpan lemak, memudahkan pelaluan zat di dalam jaringan. Jaringan ikat longgar meliputi jaringan, arcolar jaringan adiposa atau jaringan lemak dan jaringan retikuler pada orang dewasa.

Jaringan Ikat Sesungguhnya (Jenis- jenis Sel) Jaringan Ikat Longgar & Padat

Jaringan Areolar misalnya jaringan yang terdapat di bawah jaringan kulit, tepatnya antara jaringan kulit dan otot. Biasanya dokter menginjeksikan jarum suntik ke pasien pada jaringan ini. Pembuluh darah kapiler banyak terdapat pada jaringan areolar, karena memudahkan pelaluan zat menuju dan keluar dari kapiler ke jaringan.

Jaringan adiposa tersusun atas sel - sel adiposa atau sel lemak. jaringan ini berperanan sebagai pembungkus, penahan tekanan dan penyekat kehilangan panas dari kulit, serta sebagai jaringan pengisi.

Jaringan adiposa dapat ditemukan dibawah kulit, pantat dan dada. Selain itu, jaringan ini juga terdapat dibelakang bola mata, di sekeliling ginjal dibawah sel -  sel mesotelium dan rongga abdomen.

Jaringan retikuler banyak tersusun atas serabut - serabut retikuler yang membentuk jalinan tiga dimensi yang kompleks. Jalinan serabut ini dinamakan stroma, yang berfungsi untuk mendukung fungsi sel di dalam organ. Jaringan ini dapat ditemukan pada limpa atau spleen, hati, nodus limfe dan sumsum tulang belakang.
  • Jaringan Ikat padat
Jaringan ikat pada sering disebut dengan jaringan kolagen sebab serabut kolagen merupakan jenis serabut yang paling dominan. Di dalam tubuh terdapat dua jaringan ikat padat, yaitu jaringan ikat padat teratur dan jaringan ikat padat tidak teratur.

Jaringan Ikat Sesungguhnya (Jenis- jenis Sel) Jaringan Ikat Longgar & Padat

Jaringan ikat pada teratur contohnya pada tendon dan ligamen, sedangkan jaringan ikat padat tidak teratur contohnya pada kulit, perikondrium, periosteum dan limpa.  Perikondrium adalah lapisan luar dari tulang rawan atau kartilago, dan periosteum adalah lapisan luar dari tulang keras. Struktur jaringan ikat padat teratur seperti yang tampak pada gambar.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel