Jenis Gangguan Klinis Pada Sistem Pencernaan Manusia

Jenis Gangguan Klinis Pada Sistem Pencernaan Manusia - Sistem pencernaan manusia dapat mengalami gangguan, beberapa gangguan klinis yang dapat timbul pada sistem pencernaan adalah sebagai berikut:
Caries gigi (Gigi berlubang) Disebabkan oleh infeksi beberapa jenis infeksi beberapa jenis bakteri patogen yang ada pada rongga mulut. Timbulnya gigi berlubang disebabkan oleh pemecahan karbohidrat menjadi asam laktat yang dilakukan oleh bakteri. Asam ini dapat melarutkan email dan dentin gigi sehingga menimbulkan lubang yang dapat mencapai akar gigi.

Parotitis, yaitu infeksi pada kelenjar parotis yang dikenal dengan penyakit gondongan. Hal ini diakibatkan oleh sejenis virus yang ditularkan melalui percikan ludah. Penyakit ini biasanya sering terjadi pada ank- anak usia 5- 15 tahun.

Xerostomia merupakan kelainan akibat kurangnya produksi air ludah (saliva). Pada penderita xerostomia, air ludahnya sangat sedikit sehingga mengakibatkan proses pencernaan dalam mulut terganggu.

Gasitritis adalah kelainan akibat adanya suatu peradangan akut dan kronis pada lapisan muosa lambung yang disebabkan oleh masuknya makanan yang tercemar mikroba dan akibat produksi asam lambung yang berlebih seperti yang tampak pada gambar.

Jenis Gangguan Klinis Pada Sistem Pencernaan Manusia

Hepatitis (liver) merupakan kelainan pada organ hati yang terjadi akibat infeksi virus infeksi virus hepatitis. Berdasarkan tingkat virulensinya. Dikenal adanya hepatitis A dan B serta hepatitis non- A dan non- B.

Diare merupakan kelainan karena adanya iritasi pada dinding kolon yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti "Shygella disentriae". Disamping itu, diare dapat disebabkan oleh tekanan psikis seperti stress, gelisah, gizi yang buruk, zat beracun dan bahkan makanan yang menyebabkan iritasi dinding usus, misalnya cuka dan sambal.

Sembelit (Konstipasi) merupakan kelainan yang ditandai dengan susah buang air besar. Hal ini karena usus besar mengabsorbsi air dari sisa makanan secara berlebihan sehingga terbentuk feses yang padat, keras, kering dan susah dikeluarkan. Sembelit juga bisa diakibatkan oleh tekanan psikis seperti stress, rasa cemas, gelisah takut dan sebagainya.

Radang usus buntu (apendisitis) merupakan kelainan yang terjadi karena usus buntu meradang, membengkak, dan timbul nanah, Seperti yang tampak pada gambar. 

Jenis Gangguan Klinis Pada Sistem Pencernaan Manusia

Gejala ini disebabkan adanya infeksi pada usus buntu akibat masukanya benda yang sulit dipecah, seperti biji - bijian yang keras, kerikil dan sebagainya. Gejala berupa rasa sakit yang luar biasa diperut sebelah kanan bawah. Pengobatan peradangan ini biasanya dengan jalan operasi.

Ambaein (hemoroid) adalah kelainan yang diakibatkan oleh pelebaran pembuluh vena pada bagian anus. Biasanya terjadi pada orang - orang yang cenderung terlalu lama duduk terus - menerus atau pada orang yang sering menderita sembelit.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel