Ruas - Ruas Tulang Belakang (Kolumna Vertebralis) Sistem Rangka

Ruas - ruas tulang belakang (kolumna vertebralis) Sistem Rangka - Tulang- tulang penyusun kolumna vertebralis beruas- ruas sehingga mudah melentur. Kolumna vertebralis tersusun atas dua puluh enam tulang yang saling bersendi sehingga memungkinkan gerak ke depan, belakang dan ke samping. Seperti yang tampak pada gambar berikut ini :
  • 7 Ruas vertebrae cervikalis menyusun leher.
  • 12 ruas vertebrae thorakalis, terletak di belakang rongga dada.
  • 5 ruas vertebrae lumbalis yang bersambungan langsung dengan sacrum (bagian tubuh di antara kedua pangkal paha) dan coccygis (tulang ekor) dibawahnya.
Ruas - Ruas Tulang Belakang (Kolumna Vertebralis) Sistem Rangka

Pada orang dewasa, sacrum merupakan tulang tunggal yang berasal dari fusi lima tulang yang tadinya terpisah sedangkan coccygis (tulang ekor) merupakan tulang hasil fusi dari empat tulang ekor.
Semua ruas vertebrae saling menyerupai dan berbeda dalam beberapa hal. Misalnya pada ruas servikalis (leher) kecuali ruas pertama, mempunyai dataran bulat pada bagian anterior (bagian tubuh depan) dan sentral (pusat) yang dikenal dengan sebagai korpus, juga adanya prosesus (tonjolan) tajam atau tumpul lurus ke inferior (sebelah bawah) pada garis tengah posterior (belakang), dan adanya dua tonjolan samping dibawah vertebrae yang disebut prosesus transversus yang lurus ke sisi lateral.

Semua ruas mempunyai foramen vertebrae, yaitu lubang pada tiap ruas tulang punggung tempat lewatnya sumsum tulang belakang. Setiap vertebare thorakalis memiliki persendian dengan tulang rusuk (kosta), kranium, dan pelvis. Sementara itu antar ruas kolumna vertebralis memiliki persendian pada bagian korpus dan prosesus artikularis (tonjolan pada bagian tengah vertebrae).

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel