Saluran Pencernaan Mulut Dan Jenis Gigi Berdasarkan Strukturnya

Saluran Pencernaan Mulut Dan Jenis Gigi Berdasarkan Strukturnya - Kelenjar pencernaan merupakan organ penghasil berbagai enzim yang membantu proses pencernaan makanan. Berikut ini mengenai saluran pencernaan dan proses pencernaan yang terjadi di dalam saluran pencernaan serta peranan kelenjar pencernaan pada proses pencernaan.
  • Mulut
Mulut manusia berupa rongga yang dilapisi oleh jaringan epitel pipih berlapis banyak. Dalam rongga tersebut terdapat alat pencernaan, seperti gigi, lidah dan kelenjar ludah (kelenjar saliva) yang membantu proses pencernaan mekanis dan kimiawi.

  • Gigi
Struktur gigi pada manusia dapat dibedakan atas gigi sulung (gigi susu) dan gigi tetap. Gigi yang pertama kali tumbuh sejak anak berusia enam bulan disebut gigi susu. Gigi susu berangsur- angsur akan berubah menjadi gigi sulung.

Gigi sulung bersifat tidak tetap (tanggal) dan berjumlah 20 buah. Mulai umur enam sampai empat belas tahun, secara berangsur- angsur gigi sulung akan digantikan oleh gigi tetap (gigi permanen). 

Saluran Pencernaan Mulut Dan Jenis Gigi Berdasarkan Strukturnya

Jumlah gigi tetap 32 buah karena ada penambahan pada gigi geraham kecil (premolar). Berdasarkan strukturnya, jenis gigi pada manusia dibedakan menjadi empat jenis, yaitu gigi seri, gigi taring, gigi geraham depan dan gigi geraham belakang.
  • Gigi seri (incicivus) terletak berderet lurus dibagian depan berbentuk pipih dan tajam berfungsi untuk mengiris dan memotong makanan. 
  • Gigi taring (caninus) ujungnya berbentuk runcing berfungsi untuk mencabik dan menyobek makanan.
  • Geraham Depan (premolar) bentuknya berlekuk - lekuk berfungsi untuk mengiris dan menghabiskan sisa makanan. 
  • Geraham Belakang (molar) bentuknya berlekuk- lekuk berfungsi untuk menghaluskan makanan dan terletak pada bagian belakang.
Saluran Pencernaan Mulut Dan Jenis Gigi Berdasarkan Strukturnya

Gigi manusia melekat pada rahang atas dan rahang bawah yang terlindung oleh gusi. Struktur gigi manusia terdiri atas bagian berikut ini:
  • Email merupakan bagian terluar dari gigi, berupa lapisan yang paling keras dan berwarna putih.
  • Dentin atau tulang gigi tersusun oleh zat kapur dan fosfor, lapisan email dan dentin disebut mahkota gigi.
Saluran Pencernaan Mulut Dan Jenis Gigi Berdasarkan Strukturnya
  • Sumsum gigi (pulpa) terdapat dibagian dalam tulang gigi, pada sumsum gigi terdapat banyak pembuluh darah dan saraf.
  • Lapisan semen (Sementum) melapisi dentin yang masuk dan tertanam ke dalam rahang, pulpa dan sementum membentuk akar gigi.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel