Sekilas Makanan Dan Sistem Pencernaan Makanan

Sekilas Makanan Dan Sistem Pencernaan Makanan - Setiap organisme memerlukan makanan untuk melangsungkan kehidupannya. Makanan merupakan sumber energi dan sumber bahan baku pembentuk struktur sel. Selain itu, makanan juga merupakan sumber zat- zat yang memperlancar reaksi kimia dalam sel di seluruh bagian tubuh.

Agar makanan dapat dimanfaatkan oleh sel tubuh, makanan harus dicerna terlebih dahulu melalui proses pencernaan (digestion). Pencernaan makanan pada manusia dan hewan vertebrata merupakan suatu sistem yang terdiri atas organ pencernaan yang berupa saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan penghasil enzim (getah) pencernaan.

Baik manusia maupun hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri. Manusia dan hewan memperoleh makanan dari makhluk hidup lain seperti tumbuhan dan hewan lain.

Sekilas Makanan Dam Sistem Pencernaan Makanan

Di dalam makanan terdapat zat- zat makanan yang diperlukan oleh tubuh. Zat makanan adalah unsur yang terkandung dalam makanan atau bahan makanan, sedangkan bahan makanan adalah segala sesuatu yang diolah menjadi makanan. Zat makanan juga biasa disebut gizi.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diproses terlebih dahulu melalui pencernaan makanan, Pada proses pencernaan makanan, organ pencernaan dan enzim pencernaan akan bekerja untuk menghancurkan molekul makanan yang kompleks menjadi molekul sederhana yang dapat dimanfaatkan oleh sel- sel tubuh.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel