Sistem Pencernaan Vertebrata Pencernaan Reptilia

Sistem Pencernaan Vertebrata Pencernaan Reptilia - Sistem Pencernaan pada reptil, seperti pada ikan dan amfibi sistem pencernaan makanan pada reptil juga terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Reptil umumnya karnivora (Pemakan daging). Secara berturut - turut, saluran pencernaan pada reptil adalah sebagai berikut:
  • Rongga mulut pada reptil disokong oleh rahang atas dan rahang bawah. Pada masing- masing rahang gigi yang berbentuk kerucut. Gigi menempel pada gusi dan sedikit melengkung ke arah rongga mulut. Pada rongga mulut juga terdapat lidah yang melekat pada tulang lidah dengan ujung bercabang dua.
  • Kerongkongan (esofagus) merupakan saluran dibelakang rongga mulut yang menyalurkan makanan dari rongga mulut ke lambung.
  • Lambung (Ventrikulus) merupakan tempat penampungan makanan dan pencernaan makanan berupa saluran pencernaan yang membesar dibelakang esofagus.
  • Usus (intestinum) terdiri atas usus halus dan usus tebal yang bermuara pada anus.


Sistem Pencernaan Vertebrata Pencernaan Reptilia
Kelenjar pencernaan pada reptilia meliputi hati dan pankreas. Hati pada reptilia memiliki dua lobus dan berwarna kemerahan. Hati menghasilkan empedu yang disimpan pada kantung empedu. 

Kantung empedu terletak pada tepi sebelah kanan hati. Pankreas pada reptilia terletak diantara lambung dan duodenum. Pankreas tersebut berbentuk pipih dan berwarna kekuning- kuningan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel