Teknologi (Metode) Untuk Menangani Kelainan Pada Sistem Ekskresi

Teknologi (Metode) Untuk Menangani Kelainan Pada Sistem Ekskresi - Teknologi Untuk Menangani Kelainan Pada Sistem Ekskresi, Dewasa ini telah banyak penemuan yang digunakan untuk mengobati kelainan pada sistem ekskresi, terutama untuk mengobati kelainan pada ginjal manusia.

Teknologi yang digunakan untuk mengobati kelainan pada ginjal manusia tersebut ada dua macam. Mulai dari terapi yang menggunakan obat - obatan, mesin cuci darah, pembedahan, transplantasi ginjal, hingga penggunaan sinar laser.

Saat ini telah ada berbagai macam obat yang digunakan untuk mengobati penyakit pada ginjal, misalnya saja antibiotik untuk mengobati infeksi pada ginjal. Selain itu, ada metode cuci darah (hemodialisis) bagi penderita gagal ginjal yang parah.

Cuci darah ini merupakan suatu metode penyaringan darah diluar tubuh dengan menggunakan mesin cuci darah (dialiser). Pada penderita gagal ginjal yang parah, kedua ginjalnya gagal berfungsi dalam menyaring dan mengeluarkan sisa metabolisme.

Lama - kelamaan sisa metabolisme itu akan menumpuk di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, cuci darah perlu dilakukan untuk membersihkan darah dari sisa metabolisme yang menumpuk di dalam tubuhnya.
Teknologi (Metode) Untuk Menangani Kelainan Pada Sistem Ekskresi

Jadi, pada penderita gagal ginjal, fungsi ginjal digantikan oleh mesin pencuci darah. Cuci darah pada penderita ginjal harus dilakukan secara teratur dan terus menerus seumur hidupnya, kecuali jika penderita gagal ginjal tersebut melakukan transplantasi ginjal.

Transplantasi ginjal (pencangkokan ginjal) dapat dilakukan secara cadaveric (ginjal diperoleh dari donor yang sudah meninggal) atau dapat juga ginjal diperoleh dari donor yang masih hidup.

Hal ini dapat dilakukan karena orang dapat hidup hanya dengan satu ginjal. Donor ginjal yang masih hidup termasuk dalam kecocokan ginjal yang didonorkan dengan tubuh penerima ginjal. Ginjal akan lebih bagus, donor dapat dites secara menyeluruh dan ginjal tersebut cenderung memiliki waktu hidup yang lama.

Selain itu, saat ini juga telah ada suatu metode untuk menangani kelainan pada ginjal yang berupa batu ginjal tanpa melalui operasi. Selain melalui operasi, batu ginjal dapat dihancurkan dengan menggunakan metode sinar laser.

Dengan menggunakan sinar laser, batu ginjal lebih mudah untuk dipecahkan, frekuensi tembakan lebih bisa diatur, dan resiko terjadinya pendarahan dan kerusakan jaringan serta rasa nyeri hampir tidak ada.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel