Dinding Sel (Struktur Sel)

Dinding Sel (Struktur Sel) - Dinding sel merupakan bagian terluar dan tak hidup hanya terdapat pada sel tumbuhan. Bagian ini tidak ditemukan pada sel hewan. Ini merupakan salah satu pembeda antara sel hewan dan sel tumbuhan. 

Dinding Sel (Struktur Sel)
Diagram sel tumbuhan dan sel hewan tampak adanya dinding sel pada sel tumbuhan, sedang pada sel hewan tidak terdapat dinding sel. 
Dinding sel berfungsi untuk melindungi dan untuk menguatkan sel. Sebagian besar zat pembentuk dinding sel adalah berupa selulosa, yaitu sejenis karbohidrat yang hanya dibentuk oleh sel tumbuhan. 

Disamping selulosa masih ada zat lain yaitu pektin dan ligmin, yang dapat menyebabkan dinding sel menjadi keras. Walaupun dinding sel itu keras, ia masih dapat dilalui oleh air, oksigen, kabondioksida dan materi lain yang diperlukan sel. 

Bila diamati dibawah mikroskop elektron, ternyata dinding sel terdiri atas dua lapisan atau lebih. Pada bagian tubuh tumbuhan yang lunak, seperti daun dan buah, dinding selnya terdiri atas dua lapisan. Sedangkan pada bagian tubuh tumbuhan yang keras, sel- selnya mempunyai dinding lebih dari dua lapis. 

Pektin terdapat dua lapisan tengah dari dinding sel, terutama pada sel buah yang masak. Zat ini menyebabkan buak menjadi lunak. Lunaknya buah itu terjadi karena pektin mulai terpecah. Bila pemecahan pektin ini terjadi terus - menerus, maka buah tersebut akan menjadi lebih lunak.

Baca : Organel - Organel Alat Penyusun Tubuh Dan Penyelenggara Fungsi Sel

Demikian Alat penyusun tubuh sel Dinding Sel (Struktur Sel), semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel