Masalah Arthropoda Dan Rodentia (Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan)

Masalah Arthropoda Dan Rodentia (Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan) - Sudah sejak lama diketahui bahwa beberapa macam hewan berbuku - buku (Arthropoda) dan hewan pengerat (Rodentia) dapat mendatangkan gangguan pada kesehatan manusia. 

Oleh sebab itu, sudah diusahakan berbagai cara untuk membunuh atau paling tidak menjauhkan hewan - hewan tersebut dari lingkungan hidup manusia, sehingga gangguan kesehatan yang ditimbukanya dapat dihindarkan atau dikurangi.
Banyak jenis Arthropoda yang sangat membahayakan kesehatan manusia karena dapat menjadi hospes atau inang perantara suatu penyakit. Beberapa jenis arthropoda yang perlu mendapatkan perhatian khusus karena dapat menularkan suatu penyakit tertentu adalah :

a. Nyamuk. merupakan hospes dari berbagai jenis penyakit, seperti malaria, demam berdarah dan lain - lain.

b. Lalat. Spesienya sangat banyak, Umumnya merupakan hospes penyakit perut. Di samping itu ada yang merupakan hospes kuman penyakit tidur. 

c. Kecoak. Spesiesnya cukup banyak, Kecoak menyenangi makanan yang berasal dari Pati, seperti kue, roti, penjilidan buku, barang bekas dan bangkai. 

d. Kutu busuk. Sampai sekarang belum diketahui apakah kutu busuk dapat digolongkan sebagai hospes suatu penyakit atau tidak. Tetapi yang sudah dipastikan adalah, bahwa kutu busuk mengisap darah manusia. 

e. Kutu manusia.  Kutu ini biasa mengisap darah manusia. Di samping itu kutu ini juga dapat mendatangkan berbagai penyakit seperti tifus, epidemica, relapsing fever dan lain - lain.

f. Pinjal. Beberapa jenis pinjal hidup pada tubuh binatang, seperti tikus, kucing, dan anjing. Pinjal tikus dapat menjadi penghantar kuman penyakit pes (sampar). 

g. Tikus. Jenisnya sangat banyak. Hewan ini mengerat dan merusak bermacam - macam alat rumah tangga. Di samping itu tikus merupakan hewan yang jorok, dan juga sering merusak makanan kita.

Demikian Masalah Arthropoda Dan Rodentia (Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan) semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel