Peranan Jamur Dalam Kehidupan Manusia

Peranan Jamur Dalam Kehidupan Manusia - Fungi atau jamur adalah organisme heterotrof. Seluruh kebutuhan zat makananya diperoleh dari organisme lain, baik langsung dari organisme lain (parasit), ataupun dari sisa- sisa organisme lain (saprofit). 

Walaupun demikian, tidak semua jamur merugikan organisme lain. Bagi manusia jamur mempunyai peranan penting. Jadi, jamur ada yang menguntungkan dan ada pula yang merugikan. 

 Jamur Menguntungkan Manusia

a. Di bidang industri makanan dan minuman

1. Rhizopua Oryzae. Jamur ini tumbuh dan mengaitkan butir - butir bungkil atau kedelai menjadi tempe. Jamur ini berkembangbiak dalam lingkungan yang lembab dan kurang cahaya. Rhizopus dapat mengubah amilum dalam kedelai menjadi gula dan dapat memecah protein dan lemak yang ada di dalam sel - sel kedelai dan kacang, sehingga tempe itu seakan - akan lebih tersedia untuk dicerna perut kita. 

2. Saccharomyces. Sering disebut khamir atau yeast. Jenisnya banyak, antara lain Saccharomyces cerevisiae dan Saccharomyces ovale, keduanya sering digunakan untuk membuat sake (minuman khas Jepang). 

Dalam keadaan untuk membuat anaerob, bila substratnya mengandung senyawa karbohidrat, Saccharomyces akan menghasilkan fermen, yang dapat mengubah gula menjadi alkohol + Co₂ dengan membebaskan sejumlah energi. 

3. Aspergillus. Walaupun jenis ini ada yang merugikan manusia, namun ada beberapa species dari Aspergillus yang juga menguntungkan manusia, yaitu Aspergillus wentii dan Aspergillus oryzae. Aspergillus wentii dipergunakan untuk membuat kecap. Sedangkan Aspergillus oryzae sering dipergunakan untuk membuat tape. 

4. Penicillium camemberti dan Penicillum roqueforti, banyak digunakan untuk meningkatkan kualitas keju. jamur ini dapat menurunkan kadar kafein yang sering terdapat dalam keju. Dengan menurunya kadar kafein, keju menjadi lebih harum, sehingga lebih baik kualitasnya. 

Peranan Jamur Dalam Kehidupan Manusia

5.Volvariella vovalcea, terkenal dengan sebutan jamur merang. lihat gambar. Jamur jenis ini merupakan jamur yang paling terkenal di Indonesia, di mana telah banyak orang mengusahakan pembudidayaanya. Jamur ini banyak mengandung lemak dan glikogen, dan dapat dimasak untuk dimakan.

Peranan Jamur Dalam Kehidupan Manusia

Jamur jenis lain yang juga enak di makan adalah jamur kuping (Auricularia polytricha) jamur kapuk, jamur morel, dan lain sebagainya. 

b. Di Bidang Industri
Rhizopus nigricans, merupakan jenis jamur yang dapat dipergunakan untuk produksi asam fumarat. Sedang Rhizopus nodusus dapat dipergunakan untuk produksi asam laktat. 

c. Di Bidang Kedokteran
Alexader Fleming adalah orang pertama yang mengetahui khasiat penisilin, yaitu zat antibiotik yang dihasilkan oleh jamur jenis Penicillium notatum dan Penicillium chrysogenum. 

Namun demikian obat antibiotik tersebut baru dikembangkan secara besar - besaran setelah perang dunia II. jamur ini dapat tumbuh di mana - mana, terutama pada buah yang telah ranum dan tampak sebagai noda hijau atau biru. 

d. Di bidang Pertanian
Tidak disangsikan lagi, bahwa jamur sebagai organisme saprofit sangat penting artinya dalam membantu mengembalikan kesuburan tanah. Jamur - jamur saprofit menghancurkan kayu, daun - daunan sehingga menjadi mineral kembali.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel