Kelas Rhizopoda Atau Sarcodina

Kelas Rhizopoda Atau Sarcodina - Pada hewan - hewan ini protoplasma dapat dijulurkan menjadi kaki semu (pseudopodia). Hewan - hewan ini dapat hidup dalam laut, air tawar, dan juga di dalam tubuh hewan lain atau manusia sebagai parasit. 

Sebagai contoh Rhizopoda yang mudah di amati adalah Amoeba Proteus (a = tidak, moebein = bentuk). Hewan ini terdapat di tempat - tempat basah atau diperairan yang banyak mengandung zat organik. 

Bentuk dan gerak ameba mudah diamati dengan mikroskop. Tubuhnya terdiri dari lapisan kulit bening yang kita sebut ektoplasma; ektoplasma menyelubungi sitoplasma. Sitoplasma tampak keruh karena butir - butir yang terdapat di dalamnya.

Kelas Rhizopoda Atau Sarcodina
Sitoplasma yang keruh ini disebut endoplasma. Di dalam endoplasma terdapat inti, vakuola makanan, dan vakuola kontraktil. vakuola kontraktif berfungsi sebagai alat pengeluaran demi terpeliharanya nilai osmosis isi sel. 

Ameba bergerak dengan menjulurkan protoplasma menuju tempat makanan. Cabang - cabang protoplasma ini bergerak sebagai pseudopodia. Makanan ameba berupa tumbuhan berel tunggal yang lain. Makanan dicerna di dalam vakuola makanan; sisanya ditinggalkan. Jadi, tidak diserap oleh protoplasma. 

Ameba berbiak secara vegetatif dengan membelah diri. Terlebih dahulu intinya membelah dua dan pembelahan ini diikuti sedikit demi sedikit oleh menggentingya sel itu pada bagian tengah. 

Ameba yang hidup di luar tubuh manusia diberi nama ekto-ameba. Ameba ini terdapat pada peruraian yang mengandung banyak zat organik. Sebagai contoh adalah ameba proteus; Ameba ini suka makan bakteri. Sebaliknya mengamati ameba dengan mikroskop. 

Ameba yang hidup dalam tubuh manusia disebut ent-ameba. Diantaranya ada yang patogen; misalnya, Entaamoeba dysenteriae, yaitu parasit yang hidup di dalam usus halus manusia dan menyebabkan penyakit perut disentri. 

Karena ameba ini merusak jaringan usus dan disebut Entamoeba histolytica. Di depan telah dibicarakan penyakit disentri yang disebabkan oleh basil. 

Dalam usus besar manusia lazim ditemukan Entamoebacoli. Ameba ini sebenarnya bukan parasit tetapi kadang - kadang dapat juga menyebabkan mencret, yaitu terus-menerus buang air besar.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel