Gen Menurut Morgan Dan Dua Fungsi Pokok

Gen Menurut Morgan Dan Dua Fungsi Pokok - Morgan, ahli genetika Amerika menemukan bahwa faktor - faktor keturunan yang diberi nama gen, tersimpan dalam tiap-tiap segmen atau lokus yang khas dalam kromosom. 

Menurut Morgan, gen ini memenuhi lokus dari suatu kromosom sebagai zarah yang kompak, mengandung satuan informasi genetika dan mengatur sifat - sifat menurun tertentu. Dalam kenyataan, batas-batas lokus satu dengan lainnya tidaklah seperti kotak, dan gen itu sendiri masing - masing tidaklah kompak seperti butir-butir kelereng. 

Gen mempunyai dua fungsi pokok: 

1. Mengatur perkembangan dan metabolisma individu.
2. Menyampaikan informasi genetika kepada generasi beriv kutnya.

Gen-gen ini teratur dalam satu deretan pada kromosom. Satu gen mungkin mempunyai beberapa alela yang berbeda, tetapi terletak dalam lokus yang sama. Untuk penyelidikan genetika, Morgan menggunakan lalat buah Drosophila melanogaster dalam peme

Pemeriksaan-pemeriksaan kromosom selanjutnya. Alasannya ialah karena lalat ini cepat berkembang biak, mudah diperoleh dan dipiara. Setelah berumur 10 -14 hari lalat sudah dewasa, lalat betina bertelur banyak. Kecuali itu, lalat ini hanya mempunyai 4 pasang kromosom sehingga memudahkan penyelidikan. Lihat gambar 36-2. Untuk penyelidikan, diambil sel-sel kelenjar ludah berenganya (larva), karena kromosomnya mudah diamati.

Gen Menurut Morgan Dan Dua Fungsi Pokok


Banyak organisma yang mempunyai jumlah kromosom lebih dari 4 pasang. 

Jumlah kromosom Pada berbagai Organisma.

Gen Menurut Morgan Dan Dua Fungsi Pokok

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel