Kelas Crinoidea Filum Echinodermata

Kelas Crinoidea Filum Echinodermata - Crinoidea merupakan kelas paling primitif di antara kelas - kelas Echinodermata. Hewan yang tergolong ke dalam Crinoidea sepintas lalu tampak seperti tumbuhan. Sebagian warga kelas ini mempunyai tangkai, sebagian lainya tidak. 

Kelas Crinoidea Filum Echinodermata

Crinoidea yang mempunyai tangkai akan melekatkan tangkainya pada suatu dasar dan menetap di suatu tempat tertentu, sedangkan yang tidak mempunyai tangkai dengan mudah berpindah tempat. 

Tubuhnya simetris radial dan mempunyai lengan panjangya berjumlah lima atau kelipatan 5. Tubuh yang sebenarnya ini disebut mahkota. Beberapa jenis mempunyai tangkai yang panjangnya sampai lebih dari setengah meter. Karena ada rangka dalam, tangkai itu tampak seperti berbuku - buku. Mahkota melekat pada tangkai dengan sisi aboralnya. Jadi, berbeda dengan Echinodermata lainya; permukaan oral pada Crinoidea ini menghadap ke atas. 

Lengan tumbuh dari tepi mahkota, masing - masing memanjang dan tangkainya tampak seperti berbuku - buku. Setiap lengan mempunyai banyak cabang yang juga berbuku - buku. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel