Pautan Pindah Silang Menurut Sutton Dan Eksperimen

Pautan Pindah Silang Menurut Sutton Dan Eksperimen - Rombongan penyelidik di bawah pimpinan Morgan menemukan bahwa dari beberapa ratus sifat yang dimiliki lalat buah, ternyata tidak semuanya mengadakan kombinasi secara bebas waktu terjadi pembelahan reduksi. 

Menurut Sutton, bila ada gen-gen yang mengendalikan dua sifat beda bertempat pada kromosom yang sama.. gen-gen itu tak dapat memisahkan diri secara bebas. Lebih -lebih gen-gen yang berdekatan lokusnya,berkecenderungan untuk Selalu memisah bersama-sama. Peristiwa ini disebut pautan (linkage). 

Peristiwa pautan merupakan salah satu sebab penyimpangan perbandingan pada keturunan menurut Mendel.

Pada percobaan-percobaan berikutnya, salah seorang anggota kelompok Morgan mengamati peristiwa penyimpangan-penyimpangan yang lain lagi Tetapi semuanya dapat dijelaskan secara menurut akal Kita mengetahui bahwa satu kromosom bukan mengandung satu gen saja, melainkan banyak gen.

Reduksi biasa.

Pautan Pindah Silang Menurut Sutton Dan Eksperimen

Sepasang' kromosom dengan gen-gennya 

Pautan Pindah Silang Menurut Sutton Dan Eksperimen

A. Pemisahan pada reduksi biasa.
B. Pemisahan pada pindah silang.

Jika sepasang kromosom memisah pada waktu pembelahan reduksi, tidaklah selamanya seperangkat kromosom haploid itu membawa seluruh gen-gen aslinya, dan kekurangannya diterima _ kromosom pasangan dari perangkat yang lain. Untuk jelasnya lihatlah diagram 37 1. Dalam diagram hanya ditunjukkan satu pasang kromosom saja, dengan jumlah gen yang terbatas.

Pada gambar 37-1 B ditunjukkan dua kemungkinan pemisahan gen; kemungkinan lain masih ada. Makin panjang kromosom, makin banyak kemungkinan yang dapat terjadi. Peristiwa yang dilukiskan di atas disebut pindah-silang (crossing-over)

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel