Jamur Basidiomycotina Ciri - Ciri Jamur, Contoh dan Daur Hidup Basidiomycotina

Jamur Basidiomycotina Ciri - Ciri Jamur, Contoh dan Daur Hidup Basidiomycotina - Basidiomycotina tubuh buahnya akan segera akan kamu kenal, karena mudah ditemukan di mana - mana misalnya jamur kuping, jamur merang dan jamur kayu dan lain - lain. Yang paling banyak dan mudah ditemukan adalah yang tubuh buahnya seperti payung.

Tubuh buah disebut juga basidikarp, yaitu tempat terbentuknya basidium dan pada basidium terbentuk spora basidium. Miselium terdapat dua. Banyak tubuh buah Basidiomycotina yang dapat dimakan seperti jamur merang, jamur kuping dan jamur kayu tapi kebanyakan tubuh buah Basidiomycotina mengandung racun yang mematikan.

Jamur Basidiomycotina Ciri - Ciri Jamur, Contoh dan Daur Hidup Basidiomycotina

Kamu dapat mengamati basidium dengan spoar - sporanya pada sekat - sekat di bagian bawah payung jamur merang. Ambilah bagian bawah sekat dengan pinset, letakan pada gelas objek tetesi dengan air, kemudian di tutupi dengan gelas penutup. Amati dengan mikroskop diskusikan dengan teman - temanmu tentang bentuk basidium tersebut.

Dapatkan kamu mengamati sporanya? Apa bedanya basidium dengan askus? Spora basidium dikatakan sebagai spora seksual dan pembiakan aseksual biasanya terjadi dengan pembentukan konidium. Pada beberapa jenis Basidiumycotina terutama yang menyebabkan penyakit tumbuhan, terdapat lebih dari satu tipe konidium yang diberi nama berbeda.

Daur hidup Basidiumycotina dimulai dari pertumbuhan spora  basidium atau pertumbuhan konidium. Spora basisium atau konidium akan tumbuh menjadi benang hifa yang bersekat dengan satu inti kemudia hifa membentuk miselium. Hifa dari dua strain miselium yang berbeda (+ dan -) ujungnya bersinggungan dan dindingnya larut. Inti sel dari salah satu sel pindah ke sel yang lain.

Terjadilah sel dengan dua inti dikariotik. Dari sel dikariotik tumbuh hifa dan miselium dikarotif. Miselium dikariotik akan tumbuh menjadi tubuh buah dengan bentuk tertentu misalnya seperti payung. Di bagian bawah payung akan dibentuk basidium yang letaknya pada sekat - selat bagian bawah.

Pada basidium intinya bergabung menjadi inti diploid (2n), dan dengan pembelahan sevata meiosis terjadilah 4 inti haploid (n). Inti haploid akan menjadi inti spora basidium yang terbentuk pada ujung basidium. Jadi kamu dapat mengerti mengengapa spora basidium disebut spora seksual. Sekarang kamu dapat menyebutkan apa nama spora aseksualnya. Agar lebih mudah memahami daur hidup Basidiomycotina seperti tampak pada gambar.

Jamur yang termasuk Basidiomycotina diperkirakan mempunyai 1500 jenis. Hidupnya sebagai saprofit, atau parasit terutama pada tumbuhan. Beberapa contoh jamur yang dapat dimakan misalnya jamur merang (Volvariella volvacea) dapat ditumbuhkan pada medium yang banyak mengandung selulosa seperti, merang padi, eceng gondok kering, kapas, daun pisang kering dan sabut kelapa.

Yang perlu diteliti untuk penanaman jamur merang adalah lingkungan yang optimum untuk pertumbuhanya, strain jamur merang uang paling unggul hasilnya dan substrat apa yang paling baik, Lentinus edodes, terkenal dengan nama sitake. Di Cina dan Jepang jamur ini diproduksi secara besar - besaran. Di Indonesia juga sudah ada yang mencobanya.

Jamur ini ditumbuhkan pada batang - batang kayu yang dipotong - potong. Setelah kayu di tulari (diinokulasi) sporanya, baru dapat menghasilkan setelah 1,5 - 3 tahun. Kesulitanya adalah tidak semua jenis kayu baik untuk pertumbuhanya. Karena itu menanam jamur perlu diadakan penelitian terlebih dahulu.

Pleurotes terkenal dengan nama jamur kayu, jamur ini memerlukan lignin selain selulosa untuk pertumbuhanya dan sudah banyak diproduksi oleh masyarakat Jawa Barat, medium yang dipkai adalah serbuk gergaji. Serbuk gergaji yang berasal dari perusahaan gergajian biasanya dibaung, sekarang dapat dimanfaatkan untuk campuran medium pada penanaman jamur kayu.

Dari hasil pembicaraan di tersebut, kamu dapat mengenal beberapa jenis jamur yang dapat diproduksi, Yang perlu diperhatikan jika kamu ingin mencoba menanam jamur adalah bagaimana keadaan lingkungan di daerahnmu misalnya panas dan lembab dan bahan apa yang tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel