Struktur Sel Eukariotik Sitoplasma / Mitokondria

Struktur Sel Eukariotik Sitoplasma / Mitokondria - Membran plasma merupakan pembungkus sitoplasma yang juga merupakan cairan sel yang memiliki kadar asam amino, gula, ion - ion serta gula dan juga kimia lain yang berfungsi untuk metabolisme sel. Sedangkan di dalam sitoplasma terdapat membran intrasel yang membungkus mitokodondria, kloroplas, lisosom, peroksisom, retikulum endoplasma dan badan Golgi.

Terdapat juga sitosol yang terdapat pada bagian sitoplasma yang berada diantara organel sel, sedangkan dari volume sel kurang 50% dari volume sitosol lebih kurangnya. Protein juga terdapat di dalam sitosol juga enzim - enzim yang digunakan untuk reaksi kimia.
Mitrokondria
Cenderung berkumpul pada bagian sel yang banyak membutuhkan energi dari mitokondria yang tersebar secara acak di dalam sel. Sedangkan mitokondria merupakan sebagai tempat yang berfungsi menghasilkan energi. Keadaan spesies makhluk hidup serta keadaan fisiologi sel dari jumlah mitokondria yang terdapat di dalam sel yang bervariasi tergantung jenis sel, dan banyak berkadar mitokondria jika dibanding sel yang tidak aktif dari sel yang metabolismenya aktif.
Struktur sel eukariotik Sitoplasma / Mitokondria
Sedangkan ukuran mitokondria bervariasi dan tetapi ukuran diameternya antara 0,2 hingga  0,1 µm serta panjangnya antara 1- 4µm. Seperti yang tampak pada gambar secara skematis struktur mitokondria serta tergantung dari jenis selnya dari bentuk mitokondria yang bervariasi, misalnya sel embrio dengan bentuk bulat atau oval dan seperti gelendong dan ada juga bentuknya seperti pipa.

Dengan demikian akan cukup jelas dibawah mikroskop cahaya dari bentuk mitokondria yang relatif besar. Bentuk dapat berubah - ubah dari waktu ke waktu serta memiliki kelenturan yang tinggi, selain itu mitokondria juga mampu untuk bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dalam sitoplasma.

Terdapat bagian utama pada mitokondria yaitu bagian selaput atau membran mitokondria dan pada bagian matriks, sedangkan untuk membran mitrokondria terdapat dua jenis membran yaitu membran luar (outer membran ) dan membran dalam (inner membrane), untuk membran luar lebih tipis jika dibanding membran dalam.

Ketebalan dari membran dalam mitokondria membentuk juluran serta lipatan - lipatan ke arah matriks mitokondria sehingga mampu memperluas permukaan dalam mitokondria. Terdapat beberapa jenis protein yang terlibat dalam proses pembentukan energi dalam bentuk ATP  (Adenason Tri - Phospat) pada membran mitokondria.

Untuk metabolisme yang tinggi dalam sel dengan ATP merupakan molekul berenergi tinggi . Mitokondria juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan ion kalsium dalam sel selain berfungsi untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP., sedangkan disebut granul dari ion - ion kalsium yang disimpan dalam suatu badan khusus.

Terdiri berbagai macam enzim diantara membran luar dan membran dalam terdapat ruang pada antarmembran. Sedangkan di dalam matriks mitokondria terdapat ribosom, RNA, DNA, granul, filamen serta protein yang larut dalam air. Mitokondria yang terdapat di dalam sel mampu untuk menggandakan diri, sehingga jumlah sel meningkat sesuai dengan kebutuhan energi.

Demikian Struktur sel eukariotik Sitoplasma / Mitokondria semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel