Pengamatan Dan Pengukuran Sel (Mikroskopis)

Pengamatan Dan Pengukuran Sel (Mikroskopis) - Berikut ini Cara Kerja Pengamatan Dan pengukuran Sel Secara Mikroskopis. 

Alat dan bahan : 

Preparat permanen/preparat jadi penampang melintang daun, preparat permanen Paramecium atau Euglena, preparat permanen darah mamalia, preparat spermatozoa mamalia mamalia, mikroskop cahaya, mikrometer okuler, mikrometer, mikrometer objektif, penggaris plastik dan alat tulis. 

Cara Kerja : 

1. Siapkan mikroskop hingga dalam keadaan siap pakai.
2. Masukan mikrometer okuler ke dalam lensa okuler atau gantilah lensa okuler dengan lensa okuler yang berskala 9mikrometer okuler). 

3. Letakan mikrometer objektif atau kaca objek berskala pada meja mikroskop. 

4. Lakukan kalibrasi skala yang ada di mikrometer okuler dengan kacamata objek berskala. Misalnya 1 mikron dan pada pengamatan mikroskop terlihat bahwa 1 skala mikrometer okuler sama dengan 3 skala mikrometer objektif 1 skala mikrometer okuler sama dengan 3 mikron. 

5. Setelah selesai dikalibrasi, ambil kaca objek dari meja mikroskop dan gantikan dengan preparat permanen yang akan di ukur.

6. Carilah salah satu sel yang jelas batas - batasnya, misalnya sel darah putih. Kemudian ukur sel darah putih tersebut dengan mikrometer okuler. Hitung skala panjang atau lebar sel tersebut. Jika lebarnya 6 skala di mikrometer okuler, berarti panjang sel tersebut 12 µm. 

7. Dengan cara yang sama, ukurlah sel - sel lain dalam preparat yang telah disiapkan!

8. Catat hasil pengamatan pada tabel. Contoh tabel!

Pengamatan Dan Pengukuran Sel (Mikroskopis)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel