Klasifikasi Menurut Kingdom - Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi Menurut Kingdom - Klasifikasi Makhluk Hidup - Klasifikasi makhluk hidup banyak ragamnya. Makhluk hidup di bedakan menjadi dua, yaitu Kingdom Plantae atau kerajaan tumbuhan dan Kingdom Animalia atau kerajaan hewan. Sedangkan menurut klasifikasi mutakhir (Whitaker, 1969) makhluk hidup dikelompokan menjadi lima Kingdom, yaitu Kingdom Monera, Protista, Mycota (fungi), plantae dan Kingdom Animalia. 

Berikut ini akan pengelompokan lima Kingdom dan pengelompokan dua Kingdom. 

Kingdom Monera
Monera meliputi makhluk hidup yang amat sederhana. Termasuk kedalam Kingdom ini adalah bakteri dan Alga biru (Cyanophyceae). Tubuhnya terdiri dari sel primitif, tidak mempunyai inti sel atau sering disebut bersifat prokariotik. 

Perbedaan antara sel Monera dengan sel - sel organisme yang lebih tinggi tingkatanya. 

Tabel 

Klasifikasi Menurut Kingdom - Klasifikasi Makhluk Hidup

Kingdom Protista
Semula bakteri dan Alga biru dimasukan ke dalam Kingdom Protista, tetapi sekarang sudah merupakan Kingdom tersendiri, yaitu Kingdom Monera. Yang termasuk Kingdom protista adalah seluruh organisme bersel satu yang bersifat eukariotik, artinya selnya sudah berselaput inti.

Pembentukan Kingdom ini dirintis oleh Ernst Haeckel (1834 - 1919). Tujuanya adalah untuk menghindari pertikaian pendapat, karena banyak species dari Kingdom ini mempunyai sifat hewan dan tumbuhan. Termasuk dalam Kingdom ini adalah protozoa, Alga bersel satu dan beberapa jenis jamur bersel satu. 

Kingdom Mycota
Makhluk yang termasuk Kingdom mycota tidak mempunyai klorofil, sehingga hidupnya bersifat heterotrof; ada yang saprofit dan ada pula yang parasit. Termasuk kelompok ini adalah berbagai jenis jamur bersel banyak seperti jamur merang, jamur karat, jamur api, jamur kapas dan lain sebagainya.
Kingdom Animalia dan Kingdom Plantae

Secara umum dikenal dua kerajaan kehidupan, yaitu kerajaan hewan (Kingdom Animalia) dan kerajaan tumbuhan (Kingdom Plantae). Antara hewan dan tumbuhan khususnya yang tingkat tinggi, tampak jelas adanya perbedaan.

Klasifikasi Menurut Kingdom - Klasifikasi Makhluk Hidup

Namun untuk hewan dan tumbuhan tingkat rendah, terutama yang bersel satu amatlah sukar untuk membedakanya. Untuk lebih jelasanya lihat tabel berikut ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel