Struktur Umum Sel Sederhana Prokariotik

Struktur Umum Sel Sederhana Prokariotik - Struktur internal dari berbagai macam sel telah diidentifikasi para ahli biologi sejak ditemukanya mikroskop elektron dan prokariotik merupakan salah satu hasil dari pengamatan oleh para ahli serta salah satu dari penggolongan selnya walaupun sebenarnya terdapat dua kelompok penggolongan sel prokariotik dan Eukariotik.

Sel Prokariotik merupakan sel yang sederhana seperti contohnya bakteri dan ganggang biru. Sel prokariotik  selain terdiri dari bakteri, mikroplasma dan ganggang hijau dan biru, juga meliputi Archaebacteria dan eubacteria. Berdasarkan dari struktur umum sel prokariotik ini terdiri dari bakteri yang berturut - turut dari luar ke dalam yang terdiri dari dinding sel, membran sel serta mesosom, robosom  sitoplasma dan materi inti DNA dan RNA.

Struktur umum sel sederhana prokariotik

  • Dinding sel
Bakteri yang terdapat tersusun atas peptidoglikan atau mukopeptida, sedangkan juga dapat digunakan sebagai dasar penggolongan bakteri dari komposisi bahan penyusun dinding sel pada bakteri yaitu penggolongan bakteri gram positif dan bakteri gram negatif, dan hampir 90% komponen dinding pada bakteri gram positif dan selnya tersusun atas peptidoglikan. Dan hanya 5 hingga 20% pada bakteri negatif peptidoglikan dalam dinding selnya. Sel tidak mudah pecah akibat masuknya air ke dalam sel yang merupakan fungsi dari dinding sel.

  • Sitoplasma
Ribosom merupakan tempat sintesis protein dan di dalam sitoplasma bakteri terdapat kurang 20.000 - 30.000 ribosom yang tersusun atas RNS dan protein. Pada umumnya ribosom prokariotik tersusun oleh subunit kecil dan besar, dan subunit akan berfungsi ketika  kedua subunit bersatu. Sedangkan di dalam sitoplasma juga terdapat molekul protein serta enzim yang berfungsi dalam setiap reaksi kimia dalam sitoplasma. Cadangan makanan juga tersimpan dalam sitoplasma disimpan oleh bakteri yang berupa granula - granula yang tidak larut air.

  • Materi genetik
Nuklieoid merupakan materi genetik sel prokariotik yang pada umumnya membentuk suatu struktur, dan nukleoid tersebut merupakan kromosom tunggal dan sedangkan tidak terdapat pembatas antara sitoplasma dan materi inti pada sel prokariotik. Tidak terdapat selaput yang membungkus materi inti pada sel prokariotik yang memiliki kadar sejumlah kecil DNA yang mampu mengode 2.000  hingga 3.000 protein.

Demikian Struktur umum sel sederhana prokariotik semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel