Ganggang Biru (Chyanophyta) Jenis Ganggang Biru dan Manfaatnya

Ganggang Biru (Chyanophyta) Macam - Macam dan Manfaatnya - Chyanophyta atau ganggang biru merupakan ganggang bersel satu berbentuk koloni atau berbentuk benang multisel. Yang berbentuk benang  kadang - kadang  mengelompok sebagai koloni. Tiap individu berupa sel atau benang (filamen) dilapisi materi seperti gelatin.

Individu pada ganggang biru tidak dapat bergerak kecuali pada beberapa jenis yang berbentuk benang dapat bergerak maju mundur. Jenis yang dapat bergerak yang dapat ditemui dengan mudah Oscillatoria.

Selain mempunyai klorofil dan karotenoid ganggang biru juga mempunyai pigmen yang tergolong fikobilin yaitu fikosianin yang berwarna biru dan fikoeritrin yang berwarna merah. Warna biru umumnya dominan sehingga diberi nama ganggang biru. Meskipun demikian, ada beberapa jenis ganggang biru yang mempunyai warna lembayung, merah, kuning, kecoklatan dan kehitaman.

Ganggang Biru (Chyanophyta) Jenis Ganggang Biru dan Manfaatnya

Perkembangbiakan ganggang biru dapat terjadi karena pembelahan sel, fragmentasi atau dengan spora. Pembelahan sel terutama terjadi pada ganggang biru bersel satu. Fragmentasi terjadi pada ganggang biru yang berbentuk benang. Bagian dari benang terpisah karena dibentuk pembatas. Bagian tersebut disebut hormongonium yang dapat tumbuh menjadi individu baru.

Dimanakah kamu dapat menemukan ganggang biru. Ganggang biru tersebut dapat kita temukan di setiap jenis perairan yaitu di laut, danau, kolam, reservoir, air tenang atau air mengalir. Ganggang biru dapat ditemukan pula pada batu - batu di tepi pantai atau di darat, di tanah, dikulit kayu, tembok yang basah atau pada pinggiran pot, bahkan disumber air panas.

Beberapa jenis ganggang biru seperti Nostoc, Anabaena, Gloeocapsa dan lain - lain dapat mengubah nitrogen menjadi senyawa organik (nitrat) yang dapat dipakai sebagai sumber unsur N bagi tumbuhan.

Jenis Anabaena seperti Anabaena Azollae hidup bersimbiosis dengan tumbuhan Azola pinnata (pterydhophyta), yang hidup terapung di air. Daun Azolla pinnata yang mengandung nitrat hasil fiksasi nitrogen oleh Anabaena azollae dapat dibuat kompos terlebih dahulu, jika akan digunakan untuk pupuk.

Apakah manfaat lain dari ganggang biru? Sejenis ganggang biru yaitu Spirullina merupakan jenis ganggang yang mengandung kadar protein yang tinggi. Ganggang ini pertumbuhanya sangat cepat dan dapat dikumpulkan dan dikeringkan untuk makanan.

Hal ini sudah dilakukan di Afrika (di Chad) dan juga di meksiko oleh penduduk Indian. Sekarang para ahli sudah mengembangkanya dan diproduksi sebagai protein sel tunggal (PST).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel