Apa Itu Ganggang? Macam - Macam Ganggang Dan Warna Ganggang (Alga)

Apa Itu Ganggang? Macam - Macam Ganggang Dan Warna Ganggang (Alga) -  Ganggang, lumut dan paku - pakuan biasa dikelompokan pada tumbuhan rendah. Serkarang pengelompokan tersebut sudah tidak dipakai lagi. Ganggang, lumut, paku - pakuan dan tumbuhan biji sekarang dikelompokan dalam dunia tumbuhan (plantae).

Apa Itu Ganggang? Macam - Macam Ganggang Dan Warna Ganggang (Alga)

Pengelompokan ke dalam plantae tentu mempuynai alasan tertentu antara lain tubuhnya tersusun atas sel eukariotik dana hidupnya ototrof. Karena itulah ganggang biru dipisah dan dikelompokan ke dalam monera. Ganggang, lumut, dan paku - pakuan merupakan tumbuhan yang mudah ditemukan. Kita dapat menemukanya di mana - mana, di dataran rendah, dipegunungan, diperairan tawar atau di laut. 

  • Ganggang
Ganggang atau alga pada umumnya hidup di air, baik air tawar maupun air laut, serta ditempat - tempat yang lembab. Beberapa jenis ganggang hidup bersimbiosis. Jika di daerah kamu banyak sawah atau kolam, tentu kamu sering melihat permukaan air yang dilapisi warna hijau atau kemerahan. Itulah salah satu contoh dari alga.

Jenis yang melapisi kolam kolam atau sawah adalah Egelena Viridis yang berwarna hijau dan Euglena Sanguinea yang berwarna kemerahan yang termasuk ganggang hijau (Chlorophyta).

Pada ganggang di samping klorofil terdapat pigmen lain yang berwarna biru, merah dan cokelat. Adanya pigmen - pigmen tersebit menjadi salah satu kriteria dalam klasifikasi ganggang sehingga kita mengenal istilah ganggang biru, ganggang hijau, ganggang cokelat, ganggang keemasan dan ganggang merah.

Hampir semua ganggang termasuk tumbuhan eukariota yaitu tumbuhan yang mempunyai sel  dan membran inti, yang dilengkapi dengan berbagai organel. Hanya satu divisi atau filum yang termasuk prokariota yaitu ganggang biru (Cyanophyta). Mengenai Cyanophyta telah dibicarakan pada pembahasan Monera.

Warna pada ganggang yang terdiri atas klorofil dan pigmen lain terdapat pada kloroplas atau kromatofora. Disebut kromatofora apabila plastida tersebut todak mempunyai klorofil b. Kebanyakan jenis ganggang hanya mempunyai kromatofora atau kloroplas.

Pada setiap sel, kloroplas atau kromatofora mempunyai struktur yang berbeda dan ada beberapa tipe bentuk sabuk (Ulothix), bentuk cakram atau diskoid (Vaucheria dan Chara) bentuk jala (Oedogonium) dan spiral (Spyrogyra).

Di dalam atau pada permukaan kloroplas terdapat pirenoid. Fungsi pirenoid adalah sebagai pusat pembentukan amilum pada ganggang hijau, atau bahan makanan cadangan tertentu pada ganggang hijau.

Banyak ganggang hanya terdiri atas satu sel. Ganggang bersel banyak atau multisel bentuknya bervariasi ada yang berbentuk koloni, filamen, lembaran dan modifikasi bentuk yang lebih kompleks.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel