Susunan Cara Kerja Alat Keseimbangan Dan Kelainan Indra Pendengaran

Susunan Cara Kerja Alat Keseimbangan Dan Kelainan Indra Pendengaran - Susunan Dan Cara Kerja Alat Keseimbangan, Bagian dari alat keseimbangan (vestibulum) berupa tiga saluran setengah lingkaran. Ujung dari setiap saluran setengah lingkaran membesar dan disebut ampula yang berisi reseptor, sedangkan pangkalnya berhubungan dengan utrikulus yang menuju sakulus.

Utrikulus maupun sakulus berisi reseptor keseimbangan, seperti tampak pada gambar. Alat keseimbangan yang ada di dalam ampula terdiri dari kelompok sel saraf sensori yang mempunyai rambut dalam tudung gelatin yang berbentuk kubah.

Alat ini disebut kupula. Alat keseimbangan utrikulus dan sakulus terdiri dari sekelompok sel saraf yang ujungnya berupa rambut bebas yang melekat pada otolith, yaitu butiran natrium karbonat.
Saluran setengah lingkaran peka terhadap gerakan kepala. Posisi kepala mengakibatkan desakan otolith pada rambut yang dapat menghasilkan impuls, kemudian impuls yang dihasilkan tersebut akan dikirim ke otak. 

Susunan Cara Kerja Alat Keseimbangan Dan Kelainan Indra Pendengaran

Kelainan pada indra pendengaran
Kelainan pada indra pendengaran dapat disebabkan oleh adanya gangguan transmisi suara ke dalam koklea karena kerusakan saraf pendengaran, infeksi pada bagian telinga, dan juga gangguan pada alat keseimbangan di dalam telinga. Kelainan pada indra pendengaran tersebut dapat berupa tuli, otitis media dan motion sickness.

Tuli adalah kehilangan kemampuan mendengar. Ada dua macam tuli, yaitu tuli konduktif dan tuli saraf. Tuli konduktif disebabkan oleh adanya gangguan transmisi suara ke dalam koklea, misalnya karena adanya kotoran telinga tengah menyebabkan rusaknya tulang pendengaran.

Tuli saraf merupakan hilangnya kemampuan mendengar karena adanya kerusakan pada koklea, organ korti atau pusat saraf pendengaran di otak.

Otitis media (radang telinga tengah) merupakan kelainan pada pendengaran yang sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Radang telinga tengah biasanya diikuti oleh peradangan pada saluran pernapasan bagian atas. Hal ini disebabkan oleh adanya saluran eustachius yang menghubungkan telinga tengah dengan saluran pernapasan atas atau faring.

Motion Sickness (mabuk perjalanan), merupakan gangguan pada fungsi vestibular (keseimbangan), kaena rangsangan yang terus menerus oleh gerakan atau getaran yang terjadi selama perjalanan laut, udara ataupun di darat. 

Impuls dari labirin akan dijalarkan ke pusat muntah sehingga menimbulkan rasa mual dan muntah yang disertai pusing, badan dingin dan muka pucat.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel