Indra Pendengar Dan Struktur Telinga Manusia

Indra Pendengar Dan Struktur Telinga Manusia - Indra Pendengar, Telinga merupakan organ yang memiliki reseptor khusus untuk mengenali getaran bunyi dan untuk keseimbangan informasi yang masuk ke telinga disampaikan oleh saraf ke otak untuk diartikan sehingga kita mengerti apa yang kita dengar.

Struktur Telinga Pada Manusia
Telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu telinga luar, tengah dan dalam. Seperti yang tampak pada gambar berikut.

Telinga luar
Telinga luar terdiri atas daun telinga atau pinna dan saluran pendengaran. Rangka daun telinga terdiri atas tulang rawan elastis. Saluran pendengaran merupakan suatu saluran yang menuju membran timpani atau gendang telinga. 

Panjang saluran ini sekitar 2,5 cm. Pada saluran ini terdapat suatu kelenjar yang menghasilkan minyak serumen juga terdapat rambut halus yang berfungsi mencegah masuknya benda asing kedalam telinga. Selain itu, kelenjar minyak serumen dapat menjaga agar saluran pendengaran dan membran timpani tidak mengalami kekeringan.

Telinga Tengah
Telinga tengah merupakan rongga yang berisi udara di dalam tulang temporal. Antara telinga luar dan telinga tengah dipisahkan oleh selaput tipis yang disebut dengan membran timpani (gendang telinga). Telinga tengah berperan dalam menjaga keseimbangan tekanan udara di dalam telinga.

Di dalam telinga tengah terdapat saluran "eustachius" yang menghubungkan telinga tengah dengan faring. Selain itu, pada telinga tengah terdapat tiga macam tulang pendengaran, yaitu tulang martil (maleus), landasan (inkus) dan sanggurdi (stapes).

Tulang martil menempel pada membran timpani dan tulang landasan. Tulang martil dan tulang landasan terikat erat sehingga keduanya bergerak sebagai satu tulang. Antara tulang sanggurdi dan tulang landasan terdapat suatu sendi yang memungkinkan untuk bergerak secara bebas.

Indra Pendengar Dan Struktur Telinga Manusia

Fungsi utama rangkaian tulang ini adalah untuk mengirimkan getaran suara dari membran timpani menyeberangi telinga tengah menuju ke telinga dalam. 

Hubungan antara telinga tengah dan telinga dalam melalui suatu jendela oval (tingkap oval) dan jendela bulat (tingkap bulat), keduanya dilapisi oleh membran yang transparan.
Telinga Dalam
Telinga dalam tersusun atas bagian yang disebut labirin. Labirin ini dapat berupa labirin tulang dan labirin membran. Labirin membran memiliki 5 bagian utama, yaitu tiga saluran tengah lingkaran, ampula dan utrikulus, sakulus dan koklea atau rumah siput.

Tiga saluran setengah lingkaran, ampula, utrikulus dan sakulus merupakan organ keseimbangan dan keempatnya terdapat tulang dirongga vestibulum dari labirin tukang.

Koklea merupakan bagian yang mengandung organ korti untuk pendengaran. Koklea terdiri atas tiga saluran yang sejajar, yaitu saluran vestibulum yang berhubungan dengan jendela oval, saluran tengah dan saluran timpani yang berhubungan dengan jendela bundar, serta saluran yang dipisahkan satu dengan lainya oleh suatu membran.

Di antara saluran vestibulum dengan saluran tengah terdapat membran "Reissner", sedangkan diantara saluran tengah dengan saluran timpani terdapat membran basiler. 

Dalam saluran tengah terdapat suatu tonjolan yang dikenal sebagai membran basiler dan ada disepanjang koklea. Sel sensori untuk mendengar tersebar dipermukaan membran basiler dan ujungnya berhadapan dengan membran tektorial.

Dasar dari sel pendengar terletak pada membran basiler dan berhubungan dengan serabut saraf yang bergabung dengan saraf pendengar. Bagian yang peka terhadap rangsang bunyi ini disebut organ korti.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel