Ciri - Ciri Umum Filum Annelida

Ciri- Ciri Umum Filum Annelida - Sebagaimana diketahui, Plathyhelminthes dan Nemathelminthes mempunyai mesoderm yang terdiri dari sel - sel yang terbentuk selama perkembanganya dan terletak di antara ektoderm yang menutupi bagian luar hewan dan endoderm yang melapisi saluran pencernaa. Hewan - hewan yang seperti itu disebut dipoblastik. Walaupun Nematoda mempunyai rongga tubuh, ia tidak dilapisi oleh epitel. 

Ciri - Ciri Umum Filum Annelida

Annelida, selain dipoblastik juga mempunyai selom (bahasa asing Coelom), yaitu rongga tubuh yang sebenarnya. Mesodermnya berkembang menjadi semacam kantung yang berisi cairan; dinding luar kantung melekat pada ektoderm dan merupakan bagian dinding tubuh yang disebut lapisan somatik. Dinding dalam melekat pada endoderm dan membentuk dinding otot saluran pencernaan yang disebut lapisan splanknik. 

Selom adalah rongga berisi cairan yang terdapat di antara lapisan somantk dan lapisan splanknik mesoderm itu, dilapisi oleh epitel selom. Jadi, saluran pencernaanya terpisah dari dinding tubuh. 

Annelia disebut cacing gelang karena tubuhnya yang memanjang itu tersusun atas gelang - gelang. Kalau pada Cestoda kita mengenal strobilasi, pada Annelida ini terdapat metameri yang berarti bahwa pada dasarnya setiap segmen itu sama sehingga tiap segmen mempunyai bagian - bagian alat ekskresi, alat reproduksi, otot pembuluh darah, dan sebagainya. Akan tetapi, segmen - segmen itu tetap bergandeng - gandeng dan terkoordinasikan. 

Tubuh Annelia bulat memanjang; pada ujung depan terdapat mulut, sedangkan pada ujung belakang terdapat anus. Pada permukaan tubuhnya terdapat sederetan rambut. Di antara segmen yang satu dengan yang lainya didekatnya terdapat sekat pemisah. Saluran pencernaan, beberapa pembuluh darah utama serta tali - tali saraf merentang memanjang dan menembus masing - masing segmen itu.

Annelia terdiri dari tiga kelas, yaitu 

a. Polychaeta
b. Oligochaeta
c. Hirudinea

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel