Susunan Tubuh Katak (Amfibi) Bagian Luar Dan Dalam

Susunan Tubuh Katak (Amfibi) Bagian Luar Dan Dalam  - Kelas amfibia banyak jenisnya. Untuk mengenal susunan tubuhnya, kita ambil salah satu wakilnya yaitu katak hijau (Rana speciosa). 

1). Susunan tubuh luar
Katak hijau merupakan amfibia tidak berekor. Susunan tubuhnya sesuai untuk beradaptasi dengan lingkungan darat maupun lingkungan dalam air. Tubuh terlindung oleh kulit yang tipis, yang berfungsi untuk pelindung tubuh, pengatur suhu dan untuk membantu pernapasan.

Tubuh katak terdiri atas kepala dan badan. Pada kepala terdapat alat - alat seperti : mulut (oris), sepasang mata. Mata katak mempunyai pelupuk mata atas dan bawah. pelupuk bawah melanjutkan sebagai selaput transparan yang disebut selaput tidur (membrana niktitan). Pada kepala juga terdapat selaput pendengaran (membrana tympanhi) dan lubang hidung.

Badan katak licin, karena pada kulit terdapat kelenjar lendir yang menyebabkan kulit katak tetap basah. Pada badan terdapat dua pasang anggota gerak bebas depan dan belakang.

Tungkai depan mempunyai empat jari, sedang tiap- tiap tungkai belakang mempunyai lima jari, yang di antaranya terdapat selaput berenang. Pada akhir badan terdapat kloaka, yaitu lubang persatuan muara saluran pencernaan, saluran pengeluaran dan saluran kelamin.

Susunan Tubuh Katak (Amfibi) Bagian Luar Dan Dalam

2.) Susunan tubuh dalam
Matikan katak dengan cara membius. Telentangkan katak pada papan bedah. Buka dinding tubuh katak dari daerah paha hingga daerah dada. Perhatikan dan bandingkan alat - alat tubuhnya dengan gambar berikut.

a. Dirongga mulut terdapat lidah (lingua), bercabang dua dan berfungsi untuk menangkap makanan. Mempunyai rahang atas dan bawah. Pada rahang atas terdapat geligi, sedang pada rahang bawah tidak ditemukan.

Pada ujung depan rahang atas terdapat tulang berbentuk V yang disebut vomer. Pada vomer juga terdapat gigi - gigi kecil yang berfungsi untuk menahan mangsa. Alat - alat yang lain adalah kantong suara. (Saccus vocalis) hanya terdapat pada katak jantan, lubang ke pembuluh eustachius, langit - langit dan lubang ke tekak.

b. Alat - alat di dalam seperti yang tampak pada gambar, pada rongga dada terdapat sepasang paru - paru (13) yang berupa gelembung udara, dan jantung (14) yang mempunyai 3 ruangan terdiri atas dua serambi dan satu bilik.

Saluran pencernaan memanjang dari mulut sampai ke anus, terdiri atas rongga mulut (1), faring= tekak (3), kerongkongan=oesofagus (4), lambung= ventrikulus (5), usus halus = intestitum tenue (6), usus bear = testinum crassum (10), kloaka (11) dan anus (12). Kelenjar pencernaan terdiri atas hati (7) , kandung empedu (8), pankreas (9).

Susunan Tubuh Katak (Amfibi) Bagian Luar Dan Dalam

Alat - alat dalam yang lain adalah limpa (19), otak (22), sumsum tulang belakang (24), dan ruas - ruas tulang belakang (columna vertebrales) (25). Alat resproduksi betina terdiri atas ovarium.
Demikian Susunan Tubuh Katak (Amfibi) Bagian Luar Dan Dalam, semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel