Klasifikasi Hewan (Klasifikasi Makhluk Hidup) Kingdom Animalia

Klasifikasi Hewan - Kerajaan hewan atau kingdom animalia, terbagi atas sepuluh filum, antara lain :

1. Phylum Protozoa, yaitu hewan pertama atau hewan  bersel tunggal. Umumnya berukuran mikroskopis. Ada yang hidup soliter dan ada yang berkoloni. Hidup di air atau sebagai parasit di dalam organisme lain. 

2. Phylum Porifera, yaitu hewan berpori. Meliputi hewan bunga karang spikula silika, dan beberapa hewan yang penting untuk spons mandi.

3. Phylum Coelenterata, yaitu hewan berongga dan bersel banyak dengan tentakel. Termasuk phylum ini adalah polip dan ubur- ubur. Tubuhnya simetris bilateral, mempunyai saluran pencernaan makanan, jaringan sedikit organ. Kebanyakan hidup di laut. 

Untuk menentukan ciri -ciri dari berbagai filum hewan invertebrata, gunakanlah bagan berikut sebagai alat bantu. Bawa dan amati ciri hewan berikut : siput, cacing tanah, bintang laut, labah - labah, belalang dan cumi. Beri tanda (x) pada kolom ciri yang sesuai. 

Bagan untuk pengamatan ciri klasifikasi hewan invertebrata. 

Klasifikasi Hewan (Klasifikasi Makhluk Hidup) Kingdom Animalia

4. Phylum Platyhelminthes, atau cacing pipih. Hewan golongan ini mempunyai tubuh yang simetris bilateral, mempunyai pusat saraf yang berpasangan, tapi belum mempunyai sistem peredaran. Kebanyakan hidup sebagai parasit dan menimbulkan penyakit. 

5.Phylum Nemathelminthes, atau cacing gilik. Tubuhnya simetris bilateral, sudah mempunyai saluran pencernaan. Belum mempunyai sistem peredaran darah. 

6. Phylum Annelida, atau cacing gelang. Tubuhnya bersegmen-segmen. Berbagi sistem organ telah berkembang dengan baik. Sistem peredaranya tertutup, ada yang bersifat hermafrodit dan ada pula yang beralat kelamin terpisah. 

7.Phylum mollusca, atau hewan bertubuh lunak. Tubuh tidak bersegmen, simetris bilateral. Umumnya tubuh yang lunak tersebut dibungkus oleh mantel dan dilindungi cangkok dari zat kapur. 

8. Phylum Echinodermata, atau hewan berkulit duri. Seluruhnya hidup di laut. Tubuh simetris radial, biasanya berlengan lima, beberapa organ tubuh telah berkembang. 

9. Phylum Arthropoda, atau hewan berkaki beruas - ruas. Biasanya tubuh terbagi atas segmen- segmen yang berbeda- beda. Sistem organ tubuh telah berkembang dengan baik. Bersistem saraf tangga tali. Peredaran darahnya terbuka. 

10. Phylum Chordata, atau hewan yang mempunyai notokorda. Ukuran tubuh sangat bervariasi. Ada yang sangat kecil dan ada pula yang sangat besar. Tubuhnya telah mempunyai rangka. Tinggi derajatnya telah mempunyai otak yang terlindung di dalam tengkorak.
Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel