Susunan Tubuh Mamalia (Tikus) Susunan Luar Dan Dalam

Susunan Tubuh Mamalia (Tikus) Susunan Luar Dan Dalam - Pada artikel ini membahas tentang susunan tubuh mamalia, berikut bagaimana susunan tubuh mamalia.
  • Susunan Tubuh Luar 
Tangkap dan bius seekor marmut, amati bagian - bagian tubuh mulai dari kepala, badan, hingga daerah anus. Tubuh marmut tertutup oleh rambut (1), terdiri atas bagian kepala, badan dan anggota gerak seperti yang terlihat pada gambar. 

Kepala (2) mudah digerakan. Celah mulut (3) nya dibatasi oleh bibir atas dan bawah. Di atas bibir atas sumbing, sehingga gigi serinya tampak seperti pahat. Mempunyai daun telinga (5). Mata (6) dibatasi dua kelopak mata atas dan bawah. Di sini masih terdapat sisa lipatan selaput tidur yang disebut plica semilunaris. Kepala dan badan dihubungkan oleh leher. 

Badan marmut terdiri atas punggung, dada, perut, pantat dan daerah selangkangan. Di daerah perut terdapat puting susu (papila mammae). Anggota gerak bebas marmut berjumlah dua pasang, atau mempunyai 4 buah kaki. Hewan ini mempunyai kaki yang disebut tetrapoda. 

Kaki depan mempunyai 4 jari, dan kaki belakang mempunyai 3 jari. Setiap jari mempunyai kuku yang cukup kuat. Marmut berjalan di atas telapak kakinya yang berkulit tebal, disebut sol.

Susunan Tubuh Mamalia (Tikus) Susunan Luar Dan Dalam
  • Susunan tubuh dalam
Setelah diamati susunan tubuh luarnya, matikan marmut itu dan buka dinding tubuh daerah sentral dari daerah anus hingga pangkal leher seperti terlihat pada gambar. Gambar susunan alat - alat dalamnya. 

Alat tubuh yang terdapat pada rongga perut apa saja, dan alat - alat tubuh yang terdapat pada rongga perut apa saja. Setelah kamu mengganti kelima kelas dari vertebrata, coba bandingkan susunan tubuh luar dari kelima hewan yang telah anda amati. 

Setelah dinding rongga tubuh marmut diangkat, maka akan tampak dua rongga yang dibatasi oleh selaput atau diafragma. Rongga tersebut adalah rongga dada dan rongga perut. 

Susunan Tubuh Mamalia (Tikus) Susunan Luar Dan Dalam
Di daerah leher terdapat batang tenggorok = trakea (12) dan oesofagus (5). Di dalam rongga dada terdapat paru - paru = pulmo (13) dan jantung = cor (14). Di sebelah bawah/ belakang hati terdapat kantong empedu = vesica fellea (2) yang berwarna hijau kebiruan. Kantong ini menampung bilus yang diproduksi oleh hati. Bilus dari kantong empedu dialirkan ke usus dua belas jari (6) melalui saluran empedu. 

Di dekat hati terdapat lambung = ventrikulus (3). Setelah lambung, maka saluran pencernaan berturut - turut adalah intertinum tenue (7) yang terdiri atas duodenum, yeyunum dan ileum. Usus besar = intestinum crassum (9). Usus buntu marmut besar, berwarna  kehijauan, dan berfungsi untuk menyimpan sisa makanan untuk sementara waktu. Di belakang lambung terdapat lima = lien (4), dan bila lambung dengan usus dua belas jari agak disingkap, maka akan tampak pankreas. 

Alat reproduksi dan alat ekskresi pada marmut terdiri atas : ren = ginjal (10), dengan sepasang saluranya, kantong urine = vesica urinaria (11), kelenjar kelamin betina berupa ovarium. Dari sini telur yang sudah masak akan menuju uterus lewat tuba dan ovi-duk. Bila telur telah dibuahi, maka akan tumbuh dalam uterus (rahim). Embrio dengan dinding rahim induknya dihubungkan oleh tembuni atau plasenta. 

Alat kelamin jantan atas kelenjar kelamin yang berupa testis, saluran kelamin yang terdiri atas duktus ejugulatorius, urethra dan kantong sperma. Setelah mengamati kelima kelas dari vertebrata, coba bandingkan susunan tubuh luar dari kelima hewan yang telah anda amati. 

Demikian Susunan Tubuh Mamalia (Tikus) Susunan Luar Dan Dalam semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel