Susunan Tubuh Reptilia (Luar Dan Dalam Hewan Kadal)

Susunan Tubuh Reptilia (Luar Dan Dalam Hewan Kadal) - Jenis reptilia yang mudah di jumpai di mana - mana ialah kadal atau Mabouya multivasciata. Hewan kadal termasuk hewan tidak berbahaya, sehingga hewan ini di ambil sebagai hewan yang mewakili golongan reptilia. 

1. Susunan tubuh luar kadal
Tubuh kadal terdiri aras kepala, leher, badan dan ekor. Seluruh permukaan tubuhnya tertutup oleh sisik heksagonal yang terjadi karena proses penandukan (kornifikasi). 

Pada kepala terdapat alat - alat seperti celah mulut, lubang hidung, lubang pendengaran, alat penglihatan yang dilengkapi membrana niktitan. Pada badan terdapat alat - alat seperti dua pasang anggota gerak bebas depan dan belakang yang masing - masing mempunyai 5 jari yang dilengkapi dengan cakar. 

Ekor kadal cukup panjang dan alat ini sewaktu - waktu berfungsi untuk mengelabuhi musuhnya, yaitu dengan memutuskan ujung ekornya, di sebut autonomi. 

Susunan Tubuh Reptilia (Luar Dan Dalam Hewan Kadal)
2. Susunan tubuh dalam 
Bila tubuh kadal di bedah dari daerah leher sampai perut maka akan tampak alat - alat dalam. Seperti yang tampak pada gambar. Di daerah leher terdapat dua saluran panjang yaitu batang tenggorok = trachea (1), lindungi oleh cincin tulang rawan, dan kerongkongan = oesofagus (2). Di rongga dada terdapat sepasang paru - paru (4), dan jantung = cor (3) yang mempunyai 4 ruangan yaitu dua serambi dan dua bilik. Antara bilik kanan dan kiri terdapat lubang yang menghubungkanya disebut foramen panizzae.

Susunan Tubuh Reptilia (Luar Dan Dalam Hewan Kadal)

Pada rongga perut terdapat alat - alat seperti : saluran dan kelenjar pencernaan yang terdiri atas lambung = ventrikulus (7), hati = hepar (5) kandung empedu - vesica fllea (6), usus halus = intestinum tenue (12), usus besar sangat pendek dan segera berakhir pada poros usus = rektum (10). 

Alat ekskresi dan reproduksi terdiri atas ginjal (9) yang berwarna kecoklatan, sepasang testis (8) atau ovarium untuk yang betina. Alat - alat dalam yang lain adalah limpa = lien (11).
Demikian Susunan tubuh Reptilia (Luar Dan Dalam Hewan Kadal) semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel