Peredaran Darah Reptilia Dan Burung (Aves)

Peredaran Darah Reptilia Dan Burung (Aves) - Peredaran darah pada reptilia ada dua pola yang berbeda yaitu pola peredaran darah pada ular, kadal dan kura - kura. Berikut ini peredaran darah pada buaya. Jantung buaya terdiri atas empat ruang, yaitu atrium kanan, ventrikel kanan, atrium kiri, ventrikel kiri. Antara atrium kiri dan kanan serta antara ventrikel kiri dan kanan telah dipisahkan oleh sekat.
Darah vena dari seluruh bagian tubuh akan mengalir ke sinus venosus. Dan dari sinus venosus, darah akan mengalir ke ventrikel kanan. Dari ventrikel kanan, darah masuk ke dalam arteri pulmonalis, kemudian ke paru- paru. Dari paru - paru, darah menuju vena pulmonalis, kemudian masuk ke atrium kiri.

Darah yang ditampung di atrium kiri dan vena pulmonalis akan dialirkan ke ventrikel kiri. Dari ventrikel kiri, darah mengalir ke aorta kanan dan sebagian mengalir ke aorta kiri menuju ke organ hati, usus, dinding tubuh dan ginjal.

Peredaran Darah Reptilia Dan Burung (Aves)

Di dekat ventrikel kiri dan ventrikel kanan, yaitu pada pangkal aorta kiri dan aorta kanan terdapat celah yang dinamakan "foramen panizae". Secara skematis, peredaran darah reptil dapat anda lihat seperti yang tampak pada gambar.

Peredaran Darah Reptilia Dan Burung (Aves)
Seperti pada mamalia, pada burung terdapat dua peredaran darah, yaitu peredaran darah paru- peru dan peredaran darah sistemik. Rute atau lintasan darah pada burung sama dengan yang terdapat pada mamalia.

Peredaran darah pada burung berbeda dengan mamalia, yaitu pada burung terdapat sistem portal ginjal, sedangkan pada mamalia tidak memiliki sistem ini.

Jantung burung terdiri atas empat ruang, yaitu atrium kiri, atrium kanan, ventrikel kiri dan ventrikel kanan. Bagian kanan dan kiri jantung telah terpisah dengan sempurna sehingga tidak ada percampuran antara darah kaya dan oksigen pada jantung bagian kiri dan darah miskin [ada jantung bagian kanan.

Peredaran Darah Reptilia Dan Burung (Aves)

Darah vena dari seluruh tubuh akan mengalir ke atrium kanan, kemudian menuju ke ventrikel kanan. Dari ventrikel kanan, darah dipompa menuju paru - paru melalui arteri pulmonalis.

Darah dari paru- paru menuju atrium kiri jantung melalui arteri pulmonalis. Dari atrium kiri, darah akan mengalir ke ventrikel kiri untuk dipompa melalui aorta, menuju ke kepala, hati, usus, dinding tubuh, ginjal dan bagian tubuh yang lain. Darah dari kapiler jaringan tubuh akan dialirkan lagi ke atrium kanan jantung, seperti yang tampak pada gambar.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel