Susunan Tubuh Bagian Dalam (Susunan Tubuh Luar Vertebrata dan Dalam Vertebrata)

Susunan Tubuh Bagian Dalam (Susunan Tubuh Luar Vertebrata dan Dalam Vertebrata) - Setelah selesai mengamati tubuh luar, matikan ikan tersebut dengan cara membius memakai kloosforn/eter. Buka dinding perut dengan jalan mengiris dengan arah anus - mulut. Setelah sampai daerah insang irisan belok ke arah punggung, dan seterusnya hingga dinding tubuh terbuka. 

Susunan tubuh bagian dalam (Susunan Tubuh Luar vertebrata dan Dalam vertebrata)
a. Gelembung renang (vesica natatoria /pneumatocyts) (16). Alat ini berwarna putih, dan terjadi arena penonjolan ke arah punggung (dorsal) dari saluran pencernaan. Alat ini berisi gas oksigen, nitrogen dan karbondioksida. Gelembung renang berfungsi untuk :

* Sebagai alat hidrostastik, yaitu untuk mengatur berat badan dengan cara mengurangi atau menambah gas di dalamnya. 
* Sebagai alat pembantu pernapasan. 

b. Saluran pencernaan yang memanjang dari mulut sampai anus. Saluran ini terdiri atas :

* Mulut (1), di dalmnya terdapat lidah yang tidak dapat digerakan, rahang dengan gigi dan kelenjar lendir. 
* Pharinx atau pangkal tenggorok (4).
* Kerongkongan (Oesophagus) (4).
* Lambung (5), merupakan kelanjutan dari kerongkongan. 
* Usus (intestinum) yang panjang serta berkelok - kelok. Pada ikan mas, batas antara kerongkongan, lambung dan usus tidak jelas. 

c. Kelenjar Pencernaan, yang terdiri atas :

* Hati (hepar) (10). Warnanya merah kecoklatan dan meluas mengelilingi usus. Alat ini bertugas menghasilkan empedu yang ditampung di dalam kantong empedu (vesica fellea) (11). 

* Pankreas, Kelenjar ini bersifat mikroskopis, dan terletak antara lambung dan usus. Bertugas untuk menghasilkan enzim pencernaan. 

d. Jantung (cor) (13). Jantung terletak di daerah dekat insang, mempunyai dua ruangan, yaitu atrium (serambi) dan satu bilik (ventrikel). Alat ini dibungkus oleh selaput yang disebut perikardium. 

e. Insang. Insang pada ikan mas khususnya dan pada ikan bertulang sejati pada umumnya tertutup oleh tutup insang, sedang pada ikan bertulang rawan tutup ini tidak ada. Insang menerima darah dari nadi insang yang menyangkut darah yang kaya akan karbondioksida. Antara lembar insang yang satu dengan insang lain dipisahkan oleh celah yang disebut pasium interbranchiale. 

f. Kelenjar kelamin (17). Terdiri atas sepasang kanan dan kiri. Pada yang betina berupa ovarium atau penghasil sel telur, berwarna seperti agar - agar, sedang yang jantan berupa testes dan merupakan alat penghasil spermatozoa dan berwarna putih kompak. 

g. Mesonephros atau ginjal (18). Berjumlah sepasang terletak dekat vesica natatoria di daerah dorsal.
Demikian Susunan tubuh bagian dalam (Susunan Tubuh Luar vertebrata dan Dalam vertebrata), semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel