Transpor Aktif Primer Dan Sekunder (Transpor Molekul Kecil)

Transpor Aktif  Primer Dan Sekunder ( Transpor Molekul Kecil ) - Transpor aktif diperlukan adanya protein pembawa atau pengemban dan memerlukan energi metabolik yang tersimpan di dalam bentuk ATP. Selama berlangsung transpor aktif, molekul diangkut melawan gradien konsentrasi. Transpor aktif dibedakan menjadi transpor aktif primer dan sekunder.

Transpor Aktif Primer

Transpor Aktif Primer akan secara langsung berkaitan dengan hidrolis ATP yang akan menghasilkan energi untuk transpor ini. Contoh transpor aktif aktif primer adalah pompa N⁺ dan ion K⁺.

Didalam sel, konsentrasi ion K⁺ lebih besar daripada diluar sel. Sebaliknya, konsentrasi N⁺ diluar lebih besar daripada di dalam sel. Untuk mempertahankan kondisi tersebut, ion- ion K⁺ dan N⁺ harus selalu dipompa melawan gradien konsentrasi dengan energi dari hidrolis ATP.

Tiga ion N⁺ dipompa keluar dan dua ion K⁺ dipompa ke dalam sel. Untuk hidrolis ATP diperlukan ATP- Ase yang merupakan suatu protein transmembran yang berperan sebagai enzim. Seperti yang tampak pada gambar.

Transpor Aktif  Primer Dan Sekunder ( Transpor Molekul Kecil )

Transpor Aktif Sekunder

Transpor aktif Sekunder adalah transpor pengangkutan gabungan, yaitu pengangkutan molekul lain. Misalnya, pengangkutan asam amino dan glukosa dari lumen usus halus menembus membran sel epitel usus selalu bersama dengan pengangkutan ion N⁺. Pada transpor aktif sekunder juga melibatkan protein pembawa dan membutuhkan energi dari hasil hidrolis ATP.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel