Membran Sel (Struktur Sel)

Membran Sel (Struktur Sel) - Sering disebut juga sebagai membran plasma. Pada sel tumbuhan, membran sel ini terdapat disebelah dalam dinding sel. Sedangkan pada sel hewan, air merupakan pembungkus seluruh plasma. Tidak seperti dinding sel, membran plasma tersusun atas substansi yang hidup.
Salah satu fungsi membran sel adalah untuk mengatur peredaran zat dari dan ke dalam sel. Zat - zat makanan dan udara yang diperlukan oleh sel masuk melalui membran ini. Sebaliknya zat sampah yang tidak berguna lagi dikeluarkan juga melalui membran ini. 

Pada umumnya membran sel bersifat permeabel terhadap zat - zat yang molekulnya kecil atau yang berbentuk ion. Tetapi bersifat impermeabel terhadap zat yang molekulnya besar. Para ahli biologi umumnya menyebut membran sel sebagai selaput permeabel selektif atau semipermeabel, sebab bagian inilah yang mampu memilih zat yang akan masuk atau keluar. 

Fungsi tersebut sangat erat kaitanya dengan homeostatis, yaitu usaha sel untuk menjaga stabilitas kondisi dalam sel sebagai tanggapan terhadap perubahan keadaan luar sel. 

Membran Sel (Struktur Sel)
Susunan lipoprotein yang membentuk membran sel. Fungsinya penting, mengendalikan segala sesuatu yang masuk atau keluar sel tersebut.
Membran sel terbentuk dari senyawa protein dan lipid, sehingga sering disebut selaput lipoprotein. Susunan dari selaput lipoprotein itu tampak seperti pada gambar.
Demikian Penyusun tubuh sel Membran Sel (Struktur Sel), semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel