Filum Annelida Kelas Polychaeta

Filum Annelida Kelas Polychaeta - Polychaeta umumnya hidup di laut. Jenis yang termasuk polychaeta ini kebanyakan mempunyai panjang tubuh dari 5 sampai 10cm dengan garis tengahnya sampai 10 mm. Polychaeta banyak yang memiliki warna yang menarik seperti merah, merah muda, hijau atau campuran berbagai warna. 

Metamerinya amat baik; segmen - segmenya hampir sama dengan masing - masing yang mempunyai sepasang parapodia (semacam kaki, berdaging) pada bagian samping. Pada bagian anterior tubuh terdapat kepala yang mempunyai mata, tentakel serta mulut dengan rahang. 

Nama Polychaeta berarti bahwa  cacing - cacing golongan ini mempunyai banyak rambut yang tumbuh pada parapodia di masing - masing segmen. Cacing ini mempunyai lapisan otot memanjang dan otot melingkar. Ususnya hampir lurus, merentang dari depan ke belakang, dan ada sistem pembuluh darah. 

Di bagian anterior terdapat ganglion otak yang terletak di sebelah atas seluruh pencernaan. Dari ganglion itu tumbuh berbagai percabangan. Pada Polychaeta umumnya ada pembedaan antara hewan jantan dan hewan betina. 

Polychaeta meliputi amat banyak jenis cacing. Yang banyak dikenal orang adalah Nereis, Arenicola, Eunice (antara lain cacing palolo) dan Lysidice (termasuk cacing wawo). Kedua macam cacing yang disebut terakhir secara berkala muncul dalam jumlah luar biasa banyak dan dengan mudah dapat ditangkap orang untuk dimakan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel