Filum Annelida Kelas Oligochaeta

Filum Annelida Kelas Oligochaeta - Kebanyakan Oligochaeta hidup dalam air tawar atau di darat. Panjang tubuhnya sangat jauh berbeda dengan kebanyakan Polychaeta, tetapi ada jenis Polychaeta yang amat kecil, yang mempunyai panjang tubuh kurang dari 0,5 mm. Sebaliknya ada Oligochaeta yang mempunyai panjang tubuh sampai lebih dari 3 meter. 

Filum Annelida Kelas Oligochaeta

Tubuh Oligochaeta juga terdiri dari segmen - segmen, berambut sedikit, dan tidak mempunyai parapodia. Kepala - kepalanya kecil dan tanpa alat - alat peraba dan biasanya tidak mempunyai mata. Semua jenis cacing ini hermafrodit dan mempunyai klitelum yang dibentuk oleh beberapa segmen yang berdekatan, yang dari luar tampak adanya penebalan, sedangkan di dalamnya terdapat berbagai macam kelenjar. 

Oligochaeta juga mempunyai otot memanjang dan otot melingkar. Kebanyakan Oligochaeta makan zat - zat organik dan sisa - sisa organisme yang mati, terutama tumbuhan yang mati. Zat organik itu didapatkan juga dari rumput atau tanah pada waktu hewan itu menggali tanah. 

Saluran pencernaanya lurus dan sederhana. Pernapasan umumnya dilaksanakan oleh seluruh permukaan tubuh. Sistem peredaran darah mirip sistem pada Polychaeta. Umumnya ada daya regenerasi yang tinggi.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel