Ciri - Ciri Umum Platyhelminthes Dan Kelas Platyhelminthes

Ciri - Ciri Umum Platyhelminthes Dan Kelas Platyhelminthes - Ciri - ciri Umum, Tubuh Platyhelminthes mipih, kadang - kadang berbentuk seperti pita. Nama Platyhelminthes itu sendiri mengandung makna cacing yang bertubuh pipih. Oleh sebab itu juga disebut cacing pipih. Tubuhnya lunak, simetria bilateral, tidak bersegmen, tidak mempunyai sistem peredaran darah. 

Ciri - Ciri Umum Platyhelminthes Dan Kelas Platyhelminthes


Saluran pencernaan kadang - kadang agak kompleks, tetapi pada umumnya hanya mempunyai satu terutama terdiri dari sel - sel api dengan saluran - saluran yang berhubungan denganya. 

Kebanyakan cacing pipih hidup sebagai parasit. Cir - ciri khas dapat terlihat dengan baik pada hewan - hewan yang hidup di alam bebas. Cacing pipih yang hidup organ - organ serta jaringan - jaringan tertentu walaupun itu merupakan ciri filumnya. 

Sitem saraf terdiri dari ganglion otak dengan saraf - saraf tepi. Beberapa hewan mempunyai bintik mata, tentakel dan statosista yang merupakan suatu alat keseimbangan. 

Mesoderm terdiri dari jaringan ikat longgar yang disebut parenkim; parenkim mengisi ruangan - ruangan antara alat - alat dalam dan dinding tubuh luar. 

Cacing pipih berkembangbiak secara generatif. Pada umumnya, baik testis maupun ovarium terdapat bersama - sama dalam satu individu, tetapi pembuahan sendiri jarang terjadi. 

Platyhelinthes terdiri dari tiga kelas adalah: 

a. Turbellaria
b. Trematoda
c. Cestoda

Hanya Turbelaria yang hidup bebas; cacing pipih kelas lainya hidup sebagai parasit. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel