Vermes: Penggolongan Cacing Oleh Para Ahli

Vermes: Penggolongan Cacing Oleh Para Ahli - Pada pembicaraan sehari - hari istilah cacing digunakan untuk pengertian hewan kecil bertubuh memanjang dan tidak mempunyai kaki.
Memang, dulu pun para ahli ilmu hewan menganggap bahwa semua cacing itu mempunyai persamaan - persamaanya yang khas sehingga mereka menggolongkanya kedalam satu filum Vermes (Kata vermes berasal dari bahasa latin yang berarti cacing).

Setiap cacing mempunyai ujung anterior (ujung depan, kepala), ujung posterior (ujung belakang, ekor), permukaan dorsal (permukaan atas, punggung) permukaan ventral (permukaan bawah, perut), sedangkan tubuhnya di bagi menjadi bagian kanan dan bagian kiri yang sama. Dengan kata lain, tubuh cacing itu simetris bilateral.
Vermes: Penggolongan Cacing Oleh Para Ahli
Sekarang para ahli ilmu hewan sepakat bahwa cacing - cacing tidak dapat digolongkan ke dalam satu filum, berikut di uraikan tiga filum:

a. Platyheminthes
b. Nemathelminthes
c. Annelia

Sifat simetris bilateral dianggap sebagai tanda bahwa hewan yang memiliki sifat itu sederajat lebih tinggi daripada yang simetris radial. Filum - filum di atas ada yang menamakanya bilateria.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel