Ascaris: Macam Cacing Ascaris Atau Cacing Gelang

Ascaris: Macam Cacing Ascaris Atau Cacing Gelang - Ascaris termasuk Nemathelminthes yang bertubuh besar, tetapi kebanyakan cacing gilig lain mempunyai panjang yang kurang dari satu milimeter, bahkan ada yang kecil mikroskopis

Ascaris hidup sebagai parasit. Ascaris megalocephala merupakan parasit yang hidup di dalam usus kuda; Ascaris suillae terdapat di dalam usus babi dan Ascaris lumbricoides di dalam usus manusia. Dalam bagian ini hanya akan diuraikan Ascarais lumbricoides yang sering disebut cacing perut. 

Ascaris: Macam Cacing Ascaris Atau Cacing Gelang

Ascaris lumbricoides betina lebih besar daripada yang jantan. Cacing betina dapat mencapai panjang. Cacing betina dapat mencapai panjang 20 sampai 40cm dengan garis tengahnya lebih dari 0,5cm. Kedua ujung tubuhnya meruncing. Permukaan tubuhnya licin dan tertutup oleh lapisan kutikula yang tersusun dari protein. 

Mulutnya terdapat pada ujung depan dan mempunyai tiga buah bibir. Pada permukaan ventral tubuh, di belakang mulut, terdapat lubang ekskresi. Sepanjang tubuhnya tampak empat garis memanjang adalah dorsal, garis ventral dan dua garis lateral (samping). 

Epidermis terdapat otot - otot memanjang dan tidak terdapat otot melingkar. Pada cacing yang hidup sebagai parasit ini tidak terdapat sistem pernapasan dan sistem peredaran darah. Pertukaran gas dilakukan oleh permukaan tubuh, sedangkan cairan beredar secara terbuka di dalam tubuhnya. 

Ascaris lumbricoides merupakan parasit yang banyak dijumpai pada anak - anak. Daur hidup cacing ini tidak begitu rumit seperti pada cacing pipih. Seorang anak yang bermain - main dengan tanah atau pasir mungkin akan kemasukan telur Ascaris melalui mulutnya. 

Telur ini akan menetas di dalam usus halus dan menghasilkan larva yang amat kecil. Larva ini meninggalkan usus dengan jalan menembus dindingnya untuk mengikuti aliran ke jantung dan paru - paru. 

Dari sini kemudian pergi ke trakea yang kemudian tertelan lagi untuk kedua kalinya dan akhirnya sampai lagi di usus halus dan menjadi cacing dewasa.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel