Sistem Pernapasan Rongga Hidung Dan Faring Serta Fungsinya

Sistem Pernapasan Rongga Hidung Dan Faring Serta Fungsinya - Rongga Hidung (Cavum Nasalis) Hidung manusia memiliki dua lubang hidung dengan udara luar. Udara dari luar akan masuk melalui lubang hidung menuju rongga hidung (cavum nasalis).

Rongga hidung dilapisi oleh lapisan selaput lendir yang didalamnya mengandung kelenjar minyak (kelenjar sebasea) dan kelenjar sudoferia). Selaput lendir berfungsi untuk menangkap benda asing yang masuk saluran pernapasan.

Selain itu, di dalam rongga hidung juga terdapat rambut - rambut yang pendek dan tebal. Rambut- rambut tersebut berfungsi untuk menyaring debu - debu kasar yang masuk bersama udara, seperti yang tampak pada gambar.
Pada dinding lateral rongga hidung terdapat 3 tonjolan yang disebut "concha nasalis superior, concha nasalis media dan "concha nasalis inferior". 

Sistem Pernapasan Rongga Hidung Dan Faring Serta Fungsinya

Selain itu, udara inspirasi akan dihangatkan oleh darah di dalam pembuluh darah kapiler dan dilembabkan oleh lendir yang dihasilkan oleh sel - sel goblet.

Sel - sel tersebut terletak pada jaringan epitel bersilia yang melapisi rongga hidung sebelah dalam. Pada bagian atas rongga hidung terdapat daerah olfaktorius yang mengandung sel- sel pembau, sebagai reseptor aroma. Disebelah belakang rongga hidung terhubung dengan nasifaring melalui dua lubang yang disebut "choane".

Tekak (Faring)
Tekak (faring) merupakan suatu saluran yang panjangnya sekitar 12,5 - 13 cm. Faring terhubung dengan esofagus. Faring tersusun atas otot rangka dan dilapisi oleh membran mukus.

Bagian atas faring disebut dikenal sebagai nasofaring. Pada nasofaring terdapat dua lubang dari saluran eustachius yang berhubungan dengan telinga tengah. Dinding posterior nasofaring memiliki banyak jaringan limfa yang disebut adenoid.

Sistem Pernapasan Rongga Hidung Dan Faring Serta Fungsinya
Fungsi utama adalah menyediakan saluran bagi udara yang keluar masuk dan juga sebagai jalan makanan dan minuman yang ditelan. Faring juga menyediakan ruang dengungan (resonansi) untuk suara percakapan. 

Selain itu, jaringan limfa yang terdapat dindingnya memberi perlindungan terhadap infeksi kuman yang masuk bersama udara, makanan atau minuman.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel