Sistem Pernapasan Dan Alat Pernapasan Manusia (Jenis Proses Bernafas)

Sistem Pernapasan Dan Alat Pernapasan Manusia (Jenis Proses Bernafas) - Mekanisme pernapasan pada manusia meliputi tiga proses, yaitu proses bernapas, pernapasan luar (respirasi eksternal), dan pernapasan dalam (respiral internal).

Bernapas merupakan proses masuknya udara pernapasan ke paru - paru dan keluarnya udara pernapasan dari paru - paru. Bernapas terdiri atas dua proses, yaitu proses "inspirasi (menarik napas dan memasukan udara) dan "ekspirasi (mengeluarkan udara).

Pernapasan luar atau respirasi paru - paru adalah pertukaran gas pernapasan antara udara pada alveolus paru - paru dengan darah pada kapiler paru - paru.

Pernapasan dalam yaitu pertukaran gas antara darah pada kapiler diseluruh tubuh dengan cairan jaringan dimana sel tubuh berada. Selanjutnya, di dalam sel tubuh oksigen tersebut akan dimanfaatkan untuk proses oksidasi guna menghasilkan energi.

Sistem Pernapasan Dan Alat Pernapasan Manusia (Jenis Proses Bernafas)
Secara umum, sistem pernapasan pada manusia terdiri atas paru - paru dan saluran udara pernapasan. Adapun saluran udara pernapasan pada manusia meliputi rongga hidung, tekak (faring), pangkal tenggorok (laring), batang tenggorok (trakea) dan cabang tenggorok (bronkus) seperti yang tampak pada gambar.
Pertama - tama, kita menghirup udara melalui rongga hidung yang kemudian melewati tekak lalu ke pangkal tenggorokan dan terus ke tenggorokan. Dari tenggorokan, udara masuk ke cabang tenggorokan menuju ke paru - paru.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel