Cara Kerja Indra Pendengaran Dan Tahapnya

Cara Kerja Indra Pendengaran Dan Tahapnya - Cara Kerja Indra Pendengaran, Gelombang Bunyi yang masuk melalui telinga luar menggetarkan gendang telinga dan diteruskan oleh ketiga tulang pendengaran ke jendela oval. Getaran koklea pada jendela oval diteruskan ke cairan limfa yang ada didalam saluran vestibulum.

Getaran cairan tadi akan menggerakan membran reissner dan menggetarkan cairan limfa dalam saluran tengah. Perpindahan cairan limfa di dalam saluran tengah menggerakan memoran basiler yang dengan sendirinya akan menggetarkan cairan dalam saluran timpani.
Perpindahan ini menyebabkan melebarnya membran pada jendela bundar. Getaran dengan frekuensi tertentu akan menggetarkan selaput basiler. Getaran pada selaput basiler akan menggerakan sel rambut tersebut ke atas dan ke bawah.

Cara Kerja Indra Pendengaran Dan Tahapnya

Ketika rambut sel menyentuh membran tektorial, terjadilah rangsangan impuls. Getaran membran tektorial dan membran basiler akan menekan sel sensori pada organ korti dan kemudian menghasilkan impuls yang akan dikirim ke pusat pendengaran di dalam otak melalui saraf pendengaran. Secara umum, tahapan untuk dapat mendengar adalah sebagai berikut.
  • Gelombang bunyi yang ditampung oleh daun telinga melewati rongga pendengaran.
  • Gelombang tersebut membuat gendang telinga kita bergetar.
  • Getaran tersebut ditangkap dan diperkuat oleh ketiga tulang pendengaran, yaitu tulang martil, landasan dan sanggurdi.
  • Getaran yang telah diperkuat oleh ketiga tulang pendengaran mengakibatkan jendela oval menjadi bergetar.
  • Getaran diteruskan ke cairan di dalam koklea, dan akan dideteksi oleh sel khusus.
  • Informasi disampaikan oleh saraf pendengaran ke otak untuk diterjemahkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel