Apa Itu Kloroplas, Lisosom Dan Sentriol Pada Sel Tumbuhan Dan Hewan?

Apa Itu Kloroplas, Lisosom Dan Sentriol Pada Sel Tumbuhan Dan Hewan ? - Perbedaan Sel hewan dan tumbuhan terdiri dari beberapa yang masing - masing berfungsi untuk pergerakan pada hewan dan sel jaringan tubuh tumbuhan yang kaku. Berikut ini bagian yang menyebabkan keduanya berbeda.
Kloroplas 
Kloroplas adalah organel sel bermembran yang ditemukan pada sel tumbuhan dan juga pada makhluk hidup uniseler tertentu. Organel ini juga terdapat kandungan pigmen fotosintesis, sedangkan Kloroplas adalah plastisida yang mengandung klorofil.

Pada organel ini juga berlangsung proses fotosintesis sehingga organisme yang memiliki kloroplas dapat digolongkan sebagai organisme autotrof karena kemampuan dalam menghasilkan makanan sendiri.

Bentuk, ukuran serta jumlah kloroplas untuk setiap sel organisme autotrof berbeda, kloroplas ada yang berbentuk pita, cakram, mangkuk dan lain - lain. Lebar kloroplas ini adalah sekitar 5- 10 µm. Sedangkan struktur kloroplas dapat anda lihat seperti tampak pada gambar.

Apa Itu Kloropas, Lisosom Dan Sentriol Pada Sel TUmbuhan Dan Hewan ?


Kloroplas dibungkus oleh dua membran, yaitu membran luar dan membran dalam. Di antara kedua membran tersebut terdapat ruang antar membran. Bagian dalam kloroplas terdiri dari stroma dan tilakoid. 

Tilakoid adalah hasil dari penjuluran membran dalam kloroplas ke arah stroma. Pada kloroplas dewasa, tilakoid terlepas dari membran dalam. Berdasarkan bentuknya, tilakoid dibedakan menjadi tilakoid kecil atau grana dan tilakoid besar atau tilakoid stroma atau disebut dengan tilakoid antargrana.

Tilakoid kecil berbentuk seperti cakram atau uang logam yang bertumpuk membentuk suatu struktur yang disebut granum (jamak = grana). Tilakoid besar berbentuk saluran yang saling berhubungan dan membentuk anyaman di dalam stroma. Tilakoid besar juga berfungsi sebagai penghubung antargrana.

Lisosom
Lisosom merupakan organel sel bermembran yang ditemukan pada sel hewan yang berisi enzim hidrolitik, misalnya lipase dan protease. Fungsi organel ini untuk pencernaan intraseluler. Lisosom ini juga banyak ditemukan pada fagosit atau sel yang berfungsi memfagositis benda- benda asing yang masuk pada jaringan tubuh.
Sentriol
Sentriol adalah organel tidak bermembran yang dapat ditemukan pada sel hewan. Organel ini berukuran kecil dan jumlahnya sepasang serta letaknya dekat dengan membran inti di dalam posisi tegak lurus antarkeduanya. Organel ini akan memisah satu sama lain untuk membentuk gelendong pembelahan pada saat pembelahan sel.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel