Jenis Kelainan Refraksi Dan Solusinya - Kelainan Pada Mata

Jenis Kelainan Refraksi Dan Solusinya - Kelainan refraksi, bila konstruksi bola mata mengalami ketidaksempurnaan seperti lensa mata tidak sempurna atau konstruksi bola mata yang terlalu panjang atau pendek akan menyebabkan mata tidak akan memfokuskan bayangan benda (refraksi) yang dilihat.

Kelainan refraksi ini dapat berupa miopi, hipermetropi, astigmatisme dan presbiopi, seperti yang tampak pada gambar berikut ini:

Miopi
Miopi atau rabun jauh merupakan kelainan yang disebabkan lensa mata yang terlalu tebal atau bola mata yang terlalu panjang, sehingga fokus bayangan benda yang dilihat jatuh didepan retina. Kelainan diatas dengan penggunaan kacamata berlensa negatif atau minus, seperti tampak pada gambar berikut.

Jenis Kelainan Refraksi Dan Solusinya - Kelainan Pada Mata

Hipermetropi
Hipermetropi atau rabun dekat merupakan kebalikan dari miopi. Pada penderita hipermetropi, fokus bayangan benda yang dilihat jatuh dibelakang retina. Kelainan ini diatasi dengan penggunaan kacamata berlensa positif atau plus. Dengan penggunaan kacamata jenis ini fokus benda yang dilihat akan maju ke posisi normal. Seperti tampak pada gambar.

Jenis Kelainan Refraksi Dan Solusinya - Kelainan Pada Mata
Astigmatisme
Astigmatisme disebut juga mata silindris. Kelainan ini disebabkan oleh lengkung datar dan lengkung tegak kornea tidak simetris sehingga fokus benda terpecah menjadi dua bayangan. Kelainan ini diatasi dengan kacamata berlensa silinder.

Presbiopi
Presbiopi juga disebut dengan rabun tua karena kelainan ini berhubungan dengan meningkatnya usia seseorang, Diatas usia 40 tahun, lensa mata banyak mengalami kehilangan kelenturan sehingga tidak mampu memfokuskan tanda yang letaknya jauh maupun dekat dengan tajam. Kelainan ini diatasi dengan penggunaan kacamata berlensa rangkap.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel