Lensa Mata Dan Fungsi Bagian Mata Yang Lain

Lensa Dan Fungsi Bagian Mata Yang Lain - Bola mata mengandung lensa yang terletak di belakang pupil dan iris. Lensa mata kita terbentuk cembung (konveks), dan bersifat transparan, berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata.

Adanya lensa dan ligamentum pengikatnya menyebabkan rongga bola mata terbagi dua, yaitu bagian depan terletak di depan lensa, bagian ini berisi cairan yang disebut aqeous humor dan bagian belakang terletak di belakang lensa berisi vitreus humor.
Kedua cairan tersebut berfungsi untuk mempertahankan tekanan di dalam bola mata sehingga bola mata tetap bundar dan tidak menjadi pipih. Struktur mata dan lensa mata seperti yang tampak pada gambar.

Bagian luar mata kita terlindungi oleh alias mata, kelopak mata dan bulu mata. Alis mata berfungsi untuk menghalangi masuknya keringat ke mata kita. Kelopak mata, berguna untuk melindungi mata dari debu, asap dan benda yang lain. Bulu mata, berguna untuk mengurangi cahaya dan kotoran yang masuk ke mata.
Lensa Mata Dan Fungsi Bagian Mata Yang Lain

Kotak mata pada tengkorak berfungsi melindungi bola mata dari kerusakan. Bola mata kita dilindungi oleh selaput tipis dan transparan yang disebut konjungtiva. Selaput ini peka terhadap iritasi. Konjungtiva penuh dengan pembuluh darah dan serabut saraf.

Untuk mencegah kekeringan, konjungtiva dibasahi oleh cairan yang keluar dari kelenjar air mata (kelenjar lakrimal) yang terdapat dibagian atas dan bawah setiap bola mata. Kelenjar air mata ini memiliki saluran yang bermuara pada kelompok mata dan rongga hidung.

Oleh karena itulah, pada saat menangis maka hidung kita juga ikut berair. Air mata mengandung lendir, garam dan antiseptik dalam jumlah kecil. Air mata berfungsi sebagai pelumas dan pencegah masuknya mikroorganisme ke dalam mata.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel