Klasifikasi Tumbuhan Pengelompokan Divisio, Kelas, Bangsa dan Spesies

Klasifikasi Tumbuhan Pengelompokan Divisio, Kelas, Bangsa dan Spesies - Regnum plantarum atau dunia planta tumbuhan dalam klasifikasinya dikelompokan dalam sejumlah divisio, setiap divisio dikelompokan dalam sejumlah kelas, tiap kelas dalam sejumlah bangsa, demikian seterusnya hingga pada takson terakhir yaitu jenis atau spesies.

Dunia tumbuhan diperkirakan telah meliputi sekitar 300.000 jenis. Berarti harus diciptakan 300.000 nama jenis, ditambah nama marga suku, bangsa dan seterusnya. Beberapa sumber lain ada yang membagi divisio menjadi beberapa subdivisio sebelum menjadi kelas dan lain sebagainya.

Seperti telah diuraikan di atas, amat mungkin terjadi perbedaan - perbedaan pendapat diantara para ilmuwan botani dalam mengklasifikasikan dunia tumbuhan. Dalam hal pembahasan ini terdapat salah satu dari sekian banyak cara klasifikasi.

a. Alga
Pada garus besarnya, klasifikasi alga adalah seperti berikut ini :
- Rhodophyta (Ganggang merah)
- Phaeophyta (Ganggang perang)
- Chlorophyta (Ganggang hijau)

Ciri - ciri antara lain : Fotosintenik, ada yang uniseluler, berkoloni, berupa filamen atau lembaran. Contohnya antara lain : Chlamydomonas, Diatomea, Volvox dan spyrognya.
b. Bryophyta (Lumut)
Bryophyta terdiri atas Hepaticae dan Musci. Hepaticae ciri - cirinya adalah tumbuhan hijau yang sudah kompleks, sudah berdaun sederhana, berbatang sederhana, belum berakar yang benar (rizoid). Belum dapat dibedakan antara akar, batang dan daun.

Sedangkan kelas Musci sudah jelas ada batang dan daun, tetapi akar masih rizoid. Contoh kelas Hepaticae adalah : Lumut hati, dan Marchantia, sedangkan contoh kelas Musci adalah lumut daun.

c. Pteridophyta
Tumbuhan ini sudah jelas kelihatan batang, daun, dan akar yang benar, dan sudah ada sistem pembuluh. Pteridophyta terdiri atas :
  • Kelas Equisetine (paku ekor kuda), ciri - cirinya adalah memiliki rhizoma (batang bawah tanah ) contohnya adalah equisetum debile (paku ekor kuda).
  • Kelas Lycopodinae (paku kawat) ciri - cirinya adalah batangnya seperti kawat yang dikelilingi daun yang lembut. Contohnya adalah Lycopodium clavatum dan Lycopodium cernuum.
  • Kelas Filicinae (paku benar) ciri - cirinya adalah berbatang dan berdaun dengan tulang - tulang daun yang jelas. Namun, masih melalui spora untuk melakukan perkembangbiakan. Contohnya adalah Suplir, Simbar menjangan (tanduk rusa), paku perak, paku sarang, Semanggi dan Azolla (paku air).
d. Spermatophyta
Tumbuhan berbunga dan menghasilkan biji sebagai alat berkembang biak. Spermatophyta terdiri atas dua subdivisio.

1. Sub divisio Gymnospermae, ciri - cirinya adalah berbiji terbuka (tidak tertutup dalam buah), Gymnospermae terdiri atas beberapa kelas.
  • Kelas Cyeadinae, ciri - cirinya adalah berbatang dan berdaun seperti kelapa, berumah dua. Contohnya adalah Cycas rumphii (pakis haji).
  • Kelas Coniferae, ciri - cirinya adalah bunganya berbentuk kerucut  (cone). Cotohnya adalah Agatthis alba (damar) dan cemara gimbal, pinus (tusam).
  • Kelas Gnetinae, ciri - cirinya adalah mempunyai banyak cabang, contohnya adalah Gnetum gnemon (melinho).
2. Sub divisio Angiospermae, ciri - cirinya berbiji tertutup terdiri atas dua kelas.

a. Kelas Dicotyle (berkeping dua).

Ciri - cirinya adalah berbiji tertutup, berakar tunggang, cabangnya banyak, daun pada batang atau tersebar, dan bagian bunga berjumlah 2,4,5 atau kelipatanya. Kelas dicotylae terdiri atas beberapa familia.
  •  Euphorbiaceae atau tumbuhan bergetah. Contohnya adalah patah tulang, Manihot utillisima atau ubi kayu, Hevea brasiliensis atau karet para. 
  • Moraceae Contohnya adalah Ficus benyamina atau beringin, Artocarpus communis atau keluwih. 
  • Papilionaceae contohnya adalah Vigna sinensis atau kacang panjang, Phaseolus radiatus atau kacang hijau, Crotalaria atau orok - orok, Arachis hypoga atau kacang tanah, Clitoria ternatea atau kembang telang. 
  • Caesalpiniaceae Contohnya adalah mimosa pudica atau sikejut, Leucena glauca atau lamtoro dan Parkia spesiosa atau petai. 
  • Malvaceae, Contohnya adalah Gossypium Sp atau kapas, hibicus tiliaceus atau kapok. 
  • Bombacaeae, Contohnya adalah Durio zibethinus atau duren, Ceiba petandra atau kapok. 
  • Rutaceae, Contohnya adalah Citrus nobilis atau jeruk keprok, Citrus aurantifolia atau jeruk nipis. 
  • Myrtaceae, Contohnya adalah Eugenia aromatica atau cengkeh, Melaleuca leucodendron atau kayu putih, dan Psidium guajava atau jambu biji. 
  • Verbenaceae, Contohnya adalah Tectona grandis atau jati Lantana camara atau lantana. 
  • Labiatae,  Contohnya adalah Coleus tuberotus atau kentang hitam.
  • Convolvulaceae, Contohnya adalah Ipomoea batatas atau ketela rambat, Impomoea reptans atau kangkung. 
  • Apocynaceae, Contohnya adalah plumeria acuminata atau kemboja, Allamanda cathartica atau alamanda. 
  • Rubuaceae. Contohnya adalah Cincona suecirubra atau kina, Coffea arabica atau kopi arabica, Coffea canephora atau kopi robusta, Morinda citrifolia atau mengkudu.
b. Kelas Monocotylae (Berkeping Satu)
Ciri - cirinya adalah berakar serabut, ruas - ruas batangnya nyata, tulang daunya sejajar atau melengkung, bagian bunganya 3 atau kelipatanya, biji berkeping tunggal. Kelas Monocotylae terdiri atas beberapa familia.
  •  Liliaceae. Contohny adalah Lilium longiflorum atau lilia reja, Glorisa superba atau kembang sungsang. 
  • Amaryllidaceae, Contohnya adalah Oryza sativa atau padi, Zeamais atu jagung, Andropogan sorghum atau cantel, panicum miliaceum atau jewawut. 
  • Zingingiberaraceae, Contohnya adalah zingiber officinale atau jahe, Curcuma domestica atau kunyit, Aplina galanga atau laos, Kaemferia galanga atau kencur. 
  • Musaceae. contohnya adalah Musa paradisa atau pisang Musa textilis atau manila henep. 
  • Orchidaceae. Contohnya adalah phalaenopsis amabilis atau anggrek bulan. Dendrobium phalaenopsis atau larat. 
  • Arecaceae, Contohnya adalah Cocos nucifera atau kelapa, Arenga pinata atau aren, Areca catecha atau pinang, Elaesis quineensis atau kelapa sawit. 
  • Araceae, Contohnya adalah Colocasia esculenta atau talas, Xalanthosoma violacem atau bentul, Alocasia macrorhiza atau sente.
Ikhtisar yang tercantum di atas tidak dimaksudkan agar dihafalkan apalagi bahasa latinya. Ikhtisar ini diberikan agar kamu memperoleh konsep tentang klasifikasi dan tatanama.

Pelajari bagaimana nama jenis atau spesies ditulis, ingat binomial nomenklatur atau tatanama biner, Kamu diharapkan dapat memberi paling tidak satu contoh spesies dari tiap kelas dan dapat menggolongkanya ke takson diatasnya. Contohnya Oryza sativa atau padi. Tentukanlah kedudukanya dalam sistem klasifikasi tumbuhan. Klasifikasi Oryza sativa adalah sebagai berikut :

Dunia                    : Tumbuhan
Filum                    : Spermatophyta
Sub Divisio           : Angiospermae
Kelas                     : Mnocotylae
Bangsa                  : Poales (Gulmiflorae)
Suku                      : Poaceae
Marga/spesies       : Oryza sativa

Cobalah menentukan jenis - jenis di bawah ini dalam susunan sistematika seperti contoh diatas :

- Parkia (petai) 
- Ficus  ( beringin)
- Hevea brasiliensis  (getah para)
- Pinus merkusii  (tusam )
- Arenga pinnata  ( aren )

Pengetahuan yang diperlukan untuk dapat mengklasifikasikan tumbuhan adalah morfologi. Seperti bagian - bagian bunga, jumlah bagian bunga, letak bakal buah, bentuk batang, ruas - ruas, susunan akar dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel