Cara, Dasar Dan Tingkatan Klasifikasi Makhluk Hidup

Cara, Dasar Dan Tingkatan Klasifikasi Makhluk Hidup - Dua Cara Klasifikasi, Setiap hari kita seringkali mengadakan pengelompokan seperti mengelompokan buku, uang, makanan, kata- kata, tanaman, kendaraan, nama benda, orang dan lain sebagainya. Secara tidak langsung kita telah melakukan klasifikasi. Biasanya orang mengelompokan sesuatu menurut dua cara, yaitu menurut abjad nama, dan menurut persamaan ciri. Yang terpenting adalah ciri- cirinya. Oleh sebab itu dalam biologi pengelompokan makhluk hidup didasarkan pada ciri- cirinya.

Dasar - Dasar Klasifikasi

Dewasa ini klasifikasi makhluk hidup didasarkan atas kesamaan morfologi, anatomi, fisiologi, cara perkembangbiakan, perkerabatan serta sejarah evolusinya. Makhluk hidup yang mempunyai ciri dan sifat yang sama ditempatkan pada kelompok yang sama. Bila diamati dengan seksama, maka di dalam kesamaan akan ditemukan perbedaan.

Berdasarkan perbedaan itu, makhluk hidup didalam kesamaan itu masih ada lagi perbedaan, maka pengelompokan dilanjutkan lagi. Dengan cara ini, maka terbentuklah tingkatan - tingkatan kelompok klasifikasi yang disebut takson.

Tingkatan Klasifikasi

Takson - takson itu didasarkan atas sedikit banyaknya persamaan ciri yang digunakan dalam menentukan suatu takson. Makin tinggi tingkatan takson, makin sedikit persamaan ciri yang dimilikinya, dan dengan demikian makin besar pula perbedaanya. Sebaliknya, makin rendah tingkatan taksonya makin banyak persamaanya dan juga semakin sedikit perbedaanya.

Tingkatan takson yang paling tinggi adalah Kingdom (kerajaan). Setiap Kingdom masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa kelompok besar. Kelompok besar untuk tumbuhan disebut Divisio, sedang kelompok besar untuk hewan disebut Phylum atau filum.

Setiap divisi atau filum dapat dibagi lagi menjadi takson yang lebih kecil disebut Classis (kelas). Selanjutnya setiap kelas dapat dibagi lagi menjadi beberapa Ordo (suku). Setiap familia dapat dibagi menjadi beberapa genus (jenis). Pada beberapa species hewan atau tumbuhan tertentu, species dapat dibagi lagi menjadi beberapa varietas atau macam.

Pada klasifikasi yang sangat khusus, selain delapan tingkatan takson tersebut masih ada pembagian lebih lanjut, yaitu dengan menambahkan awalan super, sub atau infra, misalnya subphylum, superfamilia, infraclass dan lain sebagainya.

Jadi setiap filum terdiri dari sejumlah besar macam organisme yang kesemuanya mempunyai ciri dasar tertentu yang sama, tetapi sekaligus mengandung perbedaan. Berikut ini contoh klasifikasi biologi.

Jagung, tumbuhan monokotil

Cara, Dasar Dan Tingkatan Klasifikasi Makhluk Hidup



Cara, Dasar Dan Tingkatan Klasifikasi Makhluk Hidup

Baca juga : 
  • Sejarah Klasifikasi Makhluk hidup

Demikian Cara, Dasar Dan Tingkatan Klasifikasi Makhluk Hidup semoga dapat memberikan manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel