Jaringan Parenkim Dan Jenisnya (Jaringan Permanen)

Jaringan Parenkim Dan jenisnya (Jaringan Permanen) - Parenkim terdiri atas kelompok sel hidup yang bentuk, ukuran serta fungsinya berbeda- beda. Sel - sel parenkim mampu untuk mempertahankan kemampuanya untuk membelah meskipun telah dewasa sehingga berperan penting dalam proses regenerasi.
Sel - sel parenkim yang telah dewasa dapat bersifat meristematik bila lingkunganya memungkinkan. Jaringan parenkim terutama terdapat pada bagian kulit batang dan akar, mesofil daun, daging buah serta endosperma biji. Sel- sel parenkim juga tersebar pada jaringan lain seperti parenkim xilem, parenkim floem dan jari- jari empulur.
Ciri utama parenkim adalah memiliki dinding sel yang tipis dan lentur. Beberapa sel parenkim mengalami penebalan seperti parenkim xilem. Ciri khas parenkim yang adalah sel- selnya banyak memiliki ruang antarsel karena bentuk selnya membulat.

Jaringan Parenkim Dan Jenisnya (Jaringan Permanen)

Contoh parenkim yang mempunyai ruang antar sel adalah mesofil daun. Ruang antar sel ini berfungsi sebagai sarana pertukaran gas antara klorenkim dengan udara luar. Sel parenkim memiliki banyak fungsi yaitu untuk berlangsungnya proses fotosintesis, penyimpanan makanan serta fungsi metabolisme.

Isi sel parenkim bervariasi sesuai dengan fungsinya, misalnya sel yang berfungsi untuk fotosintesis banyak mengandung kloroplas. Jaringan yang terbentuk dari sel- sel parenkim semacam ini disebut klorenkim.

Cadangan makanan yang terdapat sel parenkim berupa larutan dalam vakuola, cairan dalam plasma atau berupa kristal atau amilum. Sel parenkim merupakan struktur sel yang jumlahnya paling banyak menyusun jaringan tumbuhan.

Ciri penting dari sel parenkim adalah dapat membelah dan terspesialisasi menjadi berbagai jaringan yang memiliki fungsi khusus. Sel parenkim biasanya menyusun jaringan dasar pada tumbuhan. Oleh karena itu disebut jaringan dasar. Berdasarkan fungsinya parenkim dibagi menjadi beberapa jenis jaringan, yaitu parenkim asimilasi, parenkim penimbun dan parenkim air serta parenkim udara.

Parenkim asimiliasi biasanya terletak dibagian tepi suatu organ misalnya daun, batang yang berwarna hijau dan buah. Di dalam selnya terdapat kloroplas yang berperan penting sebagai tempat berlangsungya fotosintesis.

Parenkim penimbun biasanya terletak di bagian dalam tubuh, misalnya pada empulur batang, umbi akar, umbi lapis, akar rimpang atau biji. didalam selnya terdapat cadangan makanan yang berupa gula, tepung, lemak dan protein.

Parenkim air terdapat pada tumbuhan yang hidup di daerah panas atau xerofit untuk menghadapi masa kering, misalnya pada tumbuhan kaktus dan lidah buaya.

Parenkim udara, ruang antarselnya besar, sel- sel penyusunya bulat sebagai alat pengapung di air, misalnya parenkim pada tangkai daun tumbuhan eceng gondok.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel