Jaringan Pengangkut Xilem Dan Floem

Jaringan Pengangkut Xilem  Dan Floem" - Jaringan Pengangkut pada tumbuhan terdiri atas sel- sel xilem dan floem yang membentuk berkas pengangkut atau "berkas vaskuler". Xilem berperan mengangkat air dan mineral dari dalam tanah ke daun, sedangkan floem berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Xilem
Xilem merupakan jaringan kompleks karena tersusun dari beberapa tipe sel yang berbeda. Penyusun utamanya adalah trakeid dan trakea sebagai saluran pengangkat air dengan penebalan dinding sel yang cukup tebal sekaligus berfungsi sebagai penyokong.

Xilem juga tersusun atas serabut, skelerenkim serta sel- sel parenkim yang hidup dan berperan dalam berbagai kegiatan metabolisme sel. xilem disebut juga sebagai pembuluh kayu yang membentuk kayu pada batang. 

Trakeid dan trakea merupakan dua kelompok sel yang membangun pembuluh xilem. Kedua tipe sel berbentuk bulat panjang, berdinding sekunder dan lignin dan tidak mengandung kloroplas sehingga berupa sel mati.

Perbedaan pokok antara keduanya adalah pada trakeid tidak terdapat perforasi atau lubang - lubang, hanya ada celah atau noktah berupa plasmadesmata yang menghubungkan satu sel dengan sel lainya.

Sebaliknya pada trakea terdapat perforasi pada bagian ujung- ujung selnya. Transpor air dan mineral pada trakea berlangsung melalui perforasi ini, sedangkan pada trakeid berlangsung lewat noktah atau celah antarsel.

Sel- sel pembentuk trakea tersusun sedemikian rupa sehingga merupakan deretan sel memanjang ujung bertemu ujung dan membentuk pipa panjang kapiler, Bentuk penebalan pada dinding trakea dapat berupa cincin, spiral dan jala.

Jaringan Pengangkut Xilem Dan Floem

Floem
Pada prinsipnya floem merupakan jaringan parenkim. Tersusun atas beberapa tipe sel yang berbeda yaitu buluh tapis, sel pengiring, parenkim, serabut dan skelerenkim. Floem juga dikenal sebagai pembuluh tapis yang membentuk kulit kayu pada batang.

Unsur penyusun pembuluh floem terdiri atas dua bentuk, yaitu sel tapis "sieve plate" berupa sel tunggal yang bentuknya memanjang dan buluh tapis "sieve tubes" yang serupa pipa. Dengan bentuk seperti ini, pembuluh tapis dapat menyalurkan gula, asam amino, serta hasil fotosintesis lainya dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel