Badan Golgi (Kompleks Golgi)

Badan Golgi (Kompleks Golgi) - Di dalam sitoplasma sel saraf inilah badan golgi (kompleks golgi) pertama kali ditemukan oleh Camilo Golgi pada tahun 1898. Pada semua sel tumbuhan dan hewan terdapat badan golgi yang berupa organel dengan setumpuk saku - saku pipih dan dari masing - masing dibatasi oleh selapis membran.

Badan Golgi tersusun atas tiga bentukan membran dari pengamatan dengan menggunakan mikroskop elektron, dan dari tiga bentukan membran tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  • Sisterna atau sakulus atau kantung - kantung pipih.
  • Vesikel kecil yang dengan berdiameter kurang lebih 50 mikrometer yang terdapat pada sisi serta berbatasan dengan RE. Vesikel ini disebut dengan vesikel transpor yang berfungsi untuk membawa lipid, protein dari RE ke badan golgi dari sakulus ke sakulus lainya.
  • Vesikel besar berhadapan dengan membran plasma dan terletak pada sisi yang berhadapan, dan vesikel ini ini disebut dengan vesikel sekretori. Sedangkan fungsi vesikel skretori membawa lipid atau protein  yang telah mengalami pemrosesan di dalam lumen sakulus.
Badan Golgi (Kompleks Golgi)


Badan Golgi tidak hanya berfungsi sebagai alat transpor materi ke luar sel dari beberapa penelitian yang membuktikan. Selain itu, badan golgi juga berfungsi dalam pemrosesan molekul dan protein yang akan di bawa keluar sel atau ke membran sel.

Pada badan golgi terdapat banyak reaksi yang terdapat di dalam lumen badan golgi, misalnya biosintesis glikoprotein dan glikolipid yang dikatalisis oleh enzim sulfat transferase.

Sedangkan di dalam lumen badan Golgi juga terdapat sintesis proteoglikan yang merupakan sebuah komponen matriks ekstra sel. Badan Golgi berperan dalam pembentukan komponen dinding sel yang baru, hal ini terdapat pada sel tumbuhan yang sedang membelah.

Molekul lipida dan protein yang telah mengalami modifikasi kimiawi yang terdapat di dalam lumen badan Golgi dikemas oleh membran badan Golgi, dan selanjutnya molekul protein serta lipid tersebut ditransfer dalam bentuk vesikel ke luar sel atau ke membran sel.

Demikian Badan Golgi (Kompleks Golgi) semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel