Anggota Gerak Bawah (ekstremitas Inferior) Sistem Rangka

Anggota Gerak Bawah (ekstremitas Inferior) Sistem Rangka - Anggota gerak bawah (ekstremitas Inferior) tersusun atas tulang- tulang gelang pinggul, femur, tibia, fibula, patela, tarsal, metatarsal dan phalanges, Seperti yang tampak pada gambar.

Kedua gelang pinggul kanan dan kiri bertaut dengan tulang sakrum dan di bagian anterior kedua gelang pinggul membentuk pelvis. Pada awalnya, gelang pinggul terdiri atas tiga tulang, tetapi akhirnya berfusi menjadi satu.

Bagian yang paling besar dan teratas dinamakan illium, bagian paling bawah dan terkuat dinamakan ischium atau tulang duduk, sedangkan yang paling anterior dinamakan pubis atau tulang kemaluan.

Anggota gerak bawah (ekstremitas Inferior) Sistem Rangka

Tulang femur merupakan tulang terpanjang dan terkuat. Tulang patela adalah tulang sasamoid terbesar yang berfungsi sebagai pelindung sendi lutut. Tibia adalah tulang terpanjang dan terkuat untuk kaki bawah, terletak lebih ke arah medial dan superfisial.

Fibula ukuranya lebih kecil, lebih lateral dan lebih kearah dalam. Fibula bersendi dengan femur dan dibagian distal tbia bersendi dengan fibula dan talus. Struktur pergelangan kaki, telapak kaki dan jari kaki sama dengan struktur pada tangan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel