Tulang Rusuk (Kosta dan Tulang Dada (sternum) Sistem Rangka

Tulang Rusuk (Kosta dan Tulang Dada (sternum) Sistem Rangka - Pada manusia terdapat 12 pasang tulang rusuk bersama kolumna vertebralis dan sternum yang membentuk thorak (rongga dada). Struktur tulang rusuk dan tulang dada dapat dilihat seperti yang tampak pada gambar.

Setiap kosta vera atau tulang rusuk, bersendi vertebrae thorakalis. Olah karena ada perlekatan vertebrae maka setiap kosta melengkung ke luar, ke depan dan ke bawah. Hal ini merupakan suatu struktur yang sangat penting untuk mekanisme pernapasan kita.

Pada bagian anterior (depan) setiap kosta vera bersendi dengan sternum dengan perantaraan kartilago. Setiap kartilago kosta dari kosta spuriae (tulang rusuk palsu) berhubungan dengan kosta vera ke tujuh dengan kartilago.

Tulang rusuk (kosta dan Tulang Dada (sternum) Sistem Rangka
Jadi tidak langsung menempel pada sternum. Oleh karena dua kosta terakhir tidak melekat dengan kosta diatasnya maupun dengan sternum maka keduanya disebut rusuk melayang (kosta fluctuantes).

Sternum merupakan penopang bagian medial dada anterior. Sternum berbentuk pedang yang terdiri atas tiga bagian utama yaitu bagian atas dinamakan hulu (manubrium), bagian tengah badan (corpus sterni), dan bagian paling bawah adalah prosesus xiphoideus (taju pedang - pedangan) yang merupakan tulang rawan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel